Stylo Indonesia - Stylovers, mencari inspirasi takjil simple untuk jadi menu buka puasamu hari ini?
Deretan takjil simple ini ternyata masih menjadi favorit banyak orang, lho.
Selain menyegarkan untuk disantap saat berbuka puasa, deretan takjil simple ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita selama berpuasa.
Tak heran, deretan takjil simple ini jadi favorit di Tokopedia bersamaan dengan beberapa pilihan takjil lainnya.
Yuk, intip ada apa saja deretan takjil simple dan menyehatkan yang bisa kamu coba berikut ini!
#1. Es Kelapa Muda
Es kelapa muda menjadi salah satu menu takjil favorit karena menyegarkan.
“Transaksi kelapa muda naik hampir 2 kali lipat dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023,” ujar Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.
“Kelapa muda cenderung dicari banyak orang karena bisa membantu mencukupi kebutuhan elektrolit harian terutama selama berpuasa,” tambahnya.
#2. Es Cincau
Baca Juga: Ramadan Cuan: Simak Tips Bisnis Takjil Ramadan Minim Modal Untung Berlipat!
Menu yang satu ini juga sering hadir sebagai salah satu menu buka puasa.
Es cincau juga mengalami kenaikan transaksi di Tokopedia lebih dari 2 kali lipat di minggu pertama Ramadan.
Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menu yang satu ini juga dapat memelihara kesehatan lambung.
Makanan dan Minuman menjadi salah satu kategori produk yang paling populer selama pekan pertama Ramadan 2023 di Tokopedia.
“Di kategori produk Makanan dan Minuman, ada peningkatan penjualan takjil sebesar 3 kali lipat selama seminggu awal Ramadan dibandingkan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023 di Tokopedia,” kata Nuraini.
“Ini dikarenakan, pada bulan puasa, berburu takjil menjadi kegiatan yang sering dilakukan masyarakat,” lanjutnya.
Berbagai jenis takjil mengalami peningkatan transaksi yang signifikan melalui Tokopedia selama seminggu awal Ramadhan 2023.
Selain kedua menu di atas, beberapa menu takjil lainnya seperti es pisang ijo, kolak pisang, kurma, dan kolang-kaling juga mengalami peningkatan penjualan.
Tokopedia Beri Panggung UMKM Makanan dan Minuman lewat Tokopedia NYAM!, Jumlah Penjual Melonjak Belasan Kali
“Di bulan puasa, Tokopedia membantu para penjual makanan dan minuman, termasuk takjil, untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempermudah masyarakat menemukan beragam pilihan takjil lewat berbagi upaya. Salah satunya lewat kampanye Tokopedia NYAM!” kata Nuraini.
Baca Juga: Ramadan Cuan: Inspirasi Usaha Takjil Hingga Bisnis Hijab, Datangkan Untung Berlipat!
Lewat Tokopedia NYAM!, penjual makanan dan minuman bisa menjangkau pasar yang lebih luas.
Para pembelinya juga dapat menikmati cashback, flash sale, dan penawaran lainnya agar bisa tetap hemat sambil jajan.
“Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kampanye Tokopedia NYAM! di seminggu pertama Ramadan 2023 meningkat drastis. Jumlah penjual di Tokopedia NYAM! melonjak hampir 12 kali lipat dibandingkan periode yang sama di Ramadan tahun lalu. Jumlah pembeli yang berbelanja lewat Tokopedia NYAM! juga meningkat lebih dari 13 kali lipat,” jelas Nuraini.
Beberapa UMKM makanan dan minuman di Tokopedia seperti Deliki, Restu Mande, dan Kepala Djenggot mengalami peningkatan penjualan di awal Ramadan tahun ini.
“Selain kampanye Tokopedia NYAM!, kami juga terus mengedepankan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Lewat Hyperlocal, UMKM makanan dan minuman di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar, sedangkan pembeli bisa mendapatkan banyak pilihan makanan dan minuman, termasuk takjil, dengan lebih cepat dan efisien,” jelas Nuraini.
Penerapan Hyperlocal pada Tokopedia bisa ditemukan di Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Dilayani Tokopedia. (*)
Baca Juga: Rindu Jajan Takjil Sekaligus Bantu UMKM di Tengah Pandemi Covid-19? Yuk, Jajan dari Rumah