Dari Sesuai Syariat hingga Berbahan Kain Inma Premium, Ini 5 Tips Memilih Gamis

By ADV PI, Senin, 13 Februari 2023 | 13:00 WIB
Ilustrasi kain Inma Premium sebagai bahan berkualitas dan cocok untuk gamis. (Dok. Freepik)

Stylo.ID - Gamis merupakan salah satu busana yang paling digemari oleh kaum muslim. Busana yang banyak dikenakan baik untuk aktivitas sehari-hari maupun berbagai momen perayaan hari besar umat muslim ini hadir dalam beragam model dan warna.

Dinamika tren fashion busana muslim pun telah membuat gamis menjadi busana yang kekinian dan fashionable. Tak heran apabila model dan desain gamis semakin variatif seiring banyaknya jenama yang bersaing untuk menggaet target konsumen anak muda.

Namun, agar tidak sekadar fashionable, sebaiknya Stylovers mempertimbangkan beberapa hal saat memilih gamis agar tidak menyesal. Apalagi jika kamu baru pertama kali akan membeli gamis. Berikut ini 5 tips memilih gamis untuk Stylovers.

  1. Sesuai Syariat

Sebagaimana fungsinya sebagai busana muslim, pilih gamis yang sesuai dengan unsur syariat Islam yaitu dapat menutup aurat pemakainya. Contohnya, bahan kain yang digunakan tidak transparan dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

Namun, tetap pilih gamis yang sesuai tipe tubuh Stylovers agar nyaman dipakai. Jika memiliki tipe tubuh kurus, kamu dapat memilih gamis dengan potongan lebar pada bagian bawah. Sementara jika bertubuh gemuk, pilih gamis dengan potongan sedikit longgar.

  1. Sesuaikan dengan jenis kegiatan

Saat ini, gamis tidak hanya digunakan sebagai busana untuk kegiatan beribadah, tetapi juga banyak kegiatan lain seperti kumpul keluarga dan menghadiri pesta. Oleh karena itu, gamis yang Stylovers pilih sebaiknya disesuaikan dengan jenis kegiatan.

Untuk kegiatan beribadah, misalnya, pilih gamis dengan warna polos seperti putih. Sementara, untuk kegiatan berkumpul atau menghadiri pesta, Stylovers dapat memilih gamis dengan warna dan motif yang dapat menggambarkan karakter kamu. 

  1. Pilih warna yang sesuai

Seperti memilih jenis busana lain, memilih warna gamis juga perlu disesuaikan dengan tone kulit dan kesan yang ingin Stylovers tampilkan. Gamis dengan warna netral biasanya cocok untuk digunakan oleh semua tone kulit.

Jika ingin memberi kesan anggun dan stylish, Stylovers dapat memilih warna yang cerah atau kalem seperti biru langit, khaki, dusty pink, krem, dan warna pastel lainnya. Sebaiknya hindari memilih gamis berwarna gelap karena mudah membuat Stylovers gerah dan berkeringat.

  1. Perhatikan jahitannya

Memperhatikan kualitas jahitan gamis sangat penting karena sangat menentukan ketahanan gamis dalam jangka waktu panjang. Kondisi jahitan gamis yang kurang baik biasanya dapat dilihat antara lain dari adanya sambungan antarkain dan pola jahitan tidak rapi.

Memperhatikan kualitas jahitan gamis memang membutuhkan ketelitian. Oleh karena itu, sebaiknya Stylovers meluangkan sedikit waktu untuk melakukannya. Stylovers tentu tidak ingin gamis dengan warna dan motif yang sudah memenuhi ekspektasi menjadi cepat rusak.

Inma Premium memiliki kualitas tekstur yang halus dan serat yang rapat. (Dok. Freepik)