Ingin Punya Berat Badan Ideal lewat Program Diet yang Terukur? Aplikasi Ini Bisa Jadi Solusi

By ADV PI, Senin, 31 Oktober 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi analisis kalori makanan menggunakan aplikasi Carevo (DOK. Carevo) ()

Stylo Indonesia – Ketika berat badan bertambah melebihi batas ideal, kepercayaan diri kerap menurun. Oleh sebab itu, Stylovers sering menutupi bagian tubuh seperti perut, betis, lengan, dan paha dengan busana yang longgar atau menciptakan ilusi tubuh lebih ramping.

Akan tetapi, menjaga bentuk dan berat tubuh agar tetap ideal nyatanya tak semudah membalikkan telapak tangan. Stylovers perlu menerapkan gaya hidup yang sehat, mulai dari mengubah pola makan. Mengurangi konsumsi makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak perlu dilakukan.

Dikutip dari laman resmi WHO Global Health Estimates, menekan konsumsi makanan tinggi garam, gula, dan lemak tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga menekan risiko mengidap penyakit hipertensi serta diabetes melitus. Kedua penyakit tersebut diketahui termasuk dalam 10 besar penyebab kematian tertinggi di dunia, khususnya di negara berkembang seperti Indonesia.

Nah, bagi Stylovers yang ingin memulai menerapkan pola hidup sehat serta memiliki berat dan bentuk badan ideal, ada cara sederhana yang bisa dilakukan. Misalnya, membiasakan diri untuk banyak bergerak setiap hari, mencatat jenis makanan dan jumlah kalori harian yang masuk ke tubuh, serta mencatat asupan air putih setiap hari.

Agar lebih disiplin, Stylovers juga bisa memanfaatkan bantuan teknologi, seperti menggunakan smartwatch atau aplikasi kesehatan. Salah satu rekomendasi aplikasi jenis ini adalah Carevo yang memiliki fitur “Jurnal Fit”.

Sebagai informasi, Carevo merupakan aplikasi pencatatan kesehatan berbasis teknologi virtual (blockchain) yang dapat digunakan untuk memudahkan analisa kondisi tubuh, berat badan, dan risiko kesehatan seseorang.

Menggunakan fitur Jurnal Fit pada aplikasi Carevo, Stylovers tak hanya bisa memonitor konsumsi makanan dan kalori harian, tapi juga bisa melakukan telekonsultasi bersama ahli gizi. Untuk memulai pola hidup sehat, Stylovers perlu mengunduh aplikasi Carevo terlebih dahulu ke smartphone.

Selanjutnya, Stylovers akan diminta untuk mengisi form informasi berat badan, tinggi badan, usia, serta kondisi kesehatan yang dialami.

Data tersebut akan diproses oleh sistem algoritma Jurnal Fit untuk memberikan rekomendasi jumlah kalori maksimal yang boleh dikonsumsi serta kebutuhan air putih setiap harinya.

Menariknya, untuk mengetahui berapa banyak asupan kalori yang sudah dikonsumsi, Stylovers hanya perlu mengambil foto atau mengunggah gambar makanan atau minuman yang dikonsumsi. Teknologi artificial intelligence (AI) pada aplikasi personal health record ini akan menganalisis nilai kalori dan kandungan gizi.

Jurnal Fit akan menyimpan hasil analisis jumlah kalori tersebut ke dalam catatan harian, lalu menguranginya dengan total kalori yang dibutuhkan tubuh secara keseluruhan. Catatan kalori tersebut dapat Stylovers gunakan sebagai acuan dalam menentukan makanan dan minuman yang ingin dikonsumsi setiap hari.

Tampilan fitur Jurnal Fit dari Aplikasi Carevo (DOK. Carevo) ()