Srikandi untuk Negeri, Yuke Sri Rahayu Direktur Kemenparekraf Ungkap Potensi UMKM Fesyen dan Kecantikan di Luar Pulau Jawa

By Layla Ekrep, Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:30 WIB
Wastra Nusantara adalah salah satu bentuk produk UMKM Indonesia (Dok. Stylo Indonesia)

Stylo Indonesia - Perkembangan UMKM di Indonesia akhir-akhir ini hangat diberitakan dan sering dikaitkan dengan perkembangan ekonomi Indonesia. 

Pada dasarnya pertumbuhan UMKM sudah merata di beberapa daerah, baik di Pulau Jawa dan di Luar Pulau Jawa, dengan potensinya masing-masing, dan terdiri atas banyak subsektor.

Salah satu di antaranya yang paling banyak mendapat perhatian yaitu subsektor fesyen dan kecantikan karena banyak diminati.

UMKM Fesyen dan Kecantikan di Luar Pulau Jawa nyatanya memiliki potensi menjanjikan, seperti yang diungkapkan oleh Ibu Yuke Sri Rahayu selaku Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen, Kemenparekraf.

Nah, simak rangkuman wawancara tim Stylo Indonesia bersama Ibu Yuke Sri Rahayu mengenai bahasan seputar UMKM Fesyen dan Kecantikan di Luar Pulau Jawa berikut ini!

Ibu Yuke Sri Rahayu selaku Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen, Kemenparekraf (Dok. Stylo Indonesia)

#Potensi UMKM Fesyen dan Kecantikan di Luar Pulau Jawa

Potensi yang pertama adalah sudah adanya SDM yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan subsektor fesyen dan kecantikan di daerah masing-masing.

Contohnya seperti banyak fashion desainer dari kalangan anak-anak muda di Luar Pulau Jawa yang memiliki bakat serta keberanian berekspresi melalui karya mereka.

Tidak jarang mereka beberapa kali terlibat dalam kegiatan fashion show yang diselenggarakan oleh kementerian hingga lembaga tertentu baik yang diadakan di Jakarta ataupun di daerah.

Baca Juga: Cerita Nana Riwayatie Terkait Geliat UMKM Indonesia dalam Menghadapi Pandemi dan Digitalisasi