IN2MOTIONFEST, Semangat Baru Karya Modest Fashion yang Semakin Mendunia

By Ananda Amelia, Jumat, 30 September 2022 | 12:29 WIB
IN2MOTIONFEST, Semangat Baru Karya Modest Fashion yang Semakin Mendunia (IN2MOTIONFEST)

Stylo Indonesia - Perhelatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) telah memasuki tahun kesembilan, tentunya sudah banyak sekali karya-karya desainer lokal yang diperkenalkan secara global. 

Adapun untuk semakin memperluas sektor pasar sektor fashion muslim di Indoensia, ISEF memperkenalkan sektor fashion baru atau melakukan rebranding dengan merubah nama menjadi IN2MOTIONFEST atau Indonesia International Modest Fashion Festival.

Tujuan dari perubahan nama menjadi IN2MOTIONFEST ini adalah untuk semakin bisa membawa karya-karya modest fashion Indonesia ke skala global.

Seperti yang kita tahu bahwa fashion muslim saat ini menjadi salah satu sektor prioritas dalam ekosistem halal nasional.

Besarnya peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik agar pasar fashion muslim bisa semakin besar dan mendunia. 

Lewat semangat perubahan ini, gelaran IN2MOTIONFEST besama dengan Bank Indonesia akan menggandeng Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI, dan dukungan mitra terkait lainnya.

“Sesuai tema yang diangkat, IN2MOTIONFEST mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal untuk menggerakkan perekonomian lokal dengan mengacu pada inspirasi tren global. Seperti halnya pemakaian wastra Nusantara yang menjadi keunggulan yang membedakan produk fesyen muslim Indonesia dengan negara lainnya untuk berkiprah di pasar global. Kekuatan lokal ini sejalan pula dengan prinsip sustainable fashion dan gaya hidup halal dan thayyib,” jelas Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) yang hadir secara langsung saat Press Conference di Pos Bloc, Jakarta.

“Karya-karya fesyen muslim terbaik hasil kreativitas dan produktivitas pelaku UMKM di Indonesia dengan inovasi dan kualitas yang tidak kalah dengan desainer luar negeri perlu diberi panggung yang lebih luas lagi. Melalui IN2MOTIONFEST diharapkan para desainer anak bangsa siap bersaing di pasar global dan gaung IN2MOTIONFEST ini bisa terdengar di seluruh pelosok negeri dan didukung bersama oleh seluruh stakeholder industri modest fashion kita,” papar Fixy, Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI.

Gelaran IN2MOTIONFEST 2022 akan mengusung tema “Local Product, Global Look”, dan akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 9 Oktober 2022 secara hybrid dengan bertempat di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta. 

Baca Juga: Indonesia Sharia Economic Festival Hadirkan Koleksi Busana Muslim dengan Sustainable Fashion

 

Nantinya di IN2MOTIONFEST 2022, akan menampilkan 163 desainer fesyen dan juga jenama aksesoris.