Jangan Sampai Bikin Enggak Pede, Yuk Kontrol Bau Badan dengan 5 Cara Simpel Ini

By Yussy Maulia, Rabu, 5 Oktober 2022 | 17:00 WIB
Bau badan dapat mengurangi kepercayaan diri. (Freepik.com)

Stylo Indonesia – Stylovers pasti setuju kalau bau badan tidak sedap dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain menurunkan kepercayaan diri, bau badan juga dapat membuat orang-orang di dekat kita merasa enggak nyaman.

Tak jarang, bau badan sudah muncul meski baru berkegiatan sebentar. Padahal, kamu merasa sudah membersihkan tubuh secara menyeluruh. Kamu pun jadi frustasi dan kurang bersemangat untuk melanjutkan aktivitas.

Bau badan memang biasanya muncul saat tubuh memproduksi banyak keringat. Namun, keringat sebenarnya bukan penyebab utama bau badan, lho.

Melansir laman Medical News Today, keringat manusia pada dasarnya tidak berbau. Bau tak sedap yang dikeluarkan oleh tubuh manusia disebabkan oleh campuran keringat dan bakteri pada permukaan kulit.

Baca Juga: Cara Membuat Aroma Parfum Tahan Lama Seharian, Bye Bau Badan!

Beberapa jenis bakteri mampu menguraikan molekul protein pada keringat. Molekul tersebutlah yang akhirnya melepaskan bau yang tidak sedap sehingga menimbulkan bau badan.

Stylovers, masalah bau badan sebenarnya bisa diatasi. Berikut Stylo berikan sejumlah tips untuk mencegah dan mengontrol bau badan saat menjalani aktivitas yang padat. 

1. Mandi dengan sabun antiseptik

Menjaga kebersihan tubuh menjadi salah satu cara untuk mencegah timbulnya bau badan tidak sedap. Mandi minimal dua kali sehari, yakni setiap pagi sebelum beraktivitas dan sore atau malam hari setelah beraktivitas, dapat menyegarkan kulit.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan bau badan, kamu dapat menggunakan sabun antiseptik untuk menghilangkan kotoran dan keringat pada permukaan kulit, serta mengempaskan bakteri penyebab bau badan secara optimal.

Baca Juga: Mandi Malah Bikin Kulit Kusam? Ternyata Ini loh, Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi

2. Rutin cukur atau wax bulu ketiak