JYK by Jenny Yohanna Kansil Bersama Batik Durian Lubuklinggau Bawakan Koleksi Bertajuk Egalitarian di Panggung Milan Fashion Week 2022

By Annisa Suminar, Jumat, 23 September 2022 | 16:17 WIB
JYK by Jenny Yohanna Kansil Bersama Batik Durian Lubuklinggau Bawakan Koleksi Bertajuk Egalitarian di Panggung Milan Fashion Week 2022 (Dok JYK)

Stylo Indonesia - Industri fashion asal tanah air kembali membanggakan nama Indonesia di panggung mode Dunia.

JYK by Jenny Yohanna Kansil bersama Batik Durian Lubuklinggau berhasil membawa koleksinya di panggung pekan mode di Milan, Emerging Talents Milan Fashion Show yang berlangsung di Palazzo Visconti, Milan, Italia pada Rabu (21/09/2022).

Sebagai informasi, Emerging Talents Milan Runway ini merupakan bagian dari event pekan mode di Milan Fashion Week. 

Menariknya, ini merupakan kali kedua JYK dan Batik Lubuklinggau tampil di panggung pekan mode Milan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini JYK mengawinkan olah digital dengan warisan tradisional batik lewat cara mendesain ulang.

JYK label berkolaborasi dengan artisan batik dalam menciptakan batik motif baru yang tampil lebih kontemporer dan diyakini dapat diterima oleh pasar internasional.

Motif batik ini dibangun lewat gambar yang diolah dari foto durian langsung yang terdapat di kebun durian di Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Eksplorasi bunga durian yang memiliki keindahan tersendiri ini menjadikannya fokus yang mungkin tidak banyak diketahui publik.

JYK membawa 10 koleksi bertajuk Egalitarian dalam koleksi Spring Summer 2023 di panggung Milan Fashion Show 2022.

Mengusung tema ‘Egalitarian’, atau egaliter, koleksi kali ini mengusung konsep equality atau kesetaraan, keyakinan akan persamaan hak, dan kesempatan yang sama setiap individu.

Gagasan ini muncul dari berbagai peristiwa di dunia saat ini, dari mulai reaksi dunia terhadap perang yang melanda Rusia-Ukraina yang melempar ingatan pada era 1970-an, tahun di mana orang-orang memprotes perang Vietnam dengan adanya peran negara adidaya dibaliknya.

Baca Juga: Dulu Pernah Dibully, Kisah Inspiratif Nafa Salvana Direkrut Agensi Model di Warung Pecel Lele Kini Jadi Model di Milan Fashion Week