Mendapat Perilaku Catcalling? Berikut Beberapa Tips Menghadapinya!

By Layla Ekrep, Sabtu, 27 Agustus 2022 | 18:26 WIB
Mendapat Perilaku Catcalling? Berikut Beberapa Tips Menghadapinya! (freepik.com)

Stylo Indonesia - Stylovers pernah mendapatkan atau menjadi target perilaku catcalling ketika tengah berada di sekitar orang banyak? 

Perilaku catcalling kerap membuat korban atau orang yang menerima merasa tidak nyaman, bahkan tidak jarang meninggalkan kenangan buruk di pikiran. 

Pada dasarnya perilaku catcalling termasuk dalam jenis pelecehan seksual pada perempuan dan memberikan dampak secara psikologis.

Meski rentan menjadi target perilaku catcalling dan menimbulkan rasa takut dalam diri, ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi hal tersebut, lho. 

Nah, berikut Stylo telah rangkum tips menghadapi perilaku catcalling yang bisa kamu coba. Apa aja, ya? 

#1. Tips Menghadapi Perilaku Catcalling: Abaikan dan Terus Berjalan

Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan menghadapi perilaku catcalling yaitu abaikan tindakan pelaku dan terus fokus berjalan.

Tips ini akan membantu kamu membuat mental pelaku menjadi terganggu karena perhatian yang diharapkan darimu tidak sesuai dengan harapan mereka. 

Dengan mengabaikan panggilan dari pelaku kamu juga dapat membalikkan dampak psikologis seperti mempermalukan pelaku catcalling dan semacamnya. 

#2. Tips Menghadapi Perilaku Catcalling: Kontak Mata

Jika kamu termasuk tipe orang yang enggak bisa diam ketika rasa aman-mu diusik, maka kamu dapat menghadapi perilaku catcalling dengan melakukan kontak mata.

Misalnya ketika kamu sedang berjalan dan mendapat perlakuan catcalling, kamu bisa berhenti dahulu dan memberikan tatapan tajam pada pelaku.