Gastrogood dari Bestie Healthy, Pilihan Tepat Obat Asam Lambung yang Aman bagi Kesehatan

By ADV PI, Senin, 15 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Gastrogood meningkatkan aktivitas dan rutinitas tanpa perlu khawatir penyakit asam lambung (dok. Bestie Healthy)

Stylo.id – Menderita penyakit asam lambung atau penyakit gerd memang tidak mengenakkan. Penyakit tersebut dapat mengganggu aktivitas karena menimbulkan rasa nyeri pada bagian ulu hati dan mual. Perut juga kerap terasa tidak nyaman usai mengonsumsi makanan.

Namun, saat asam lambung tengah meningkat atau penyakit gerd kambuh, kamu bisa melakukan beberapa hal sebagai penanganan pertama. Apa saja? Simak beberapa caranya di bawah ini.

1. Longgarkan pakaian

Tekanan pada perut dapat memicu naiknya asam lambung. Untuk itu, saat asam lambung naik, kamu perlu mengurangi tekanan pada perut. Segera longgarkan ikat pinggang, kaitan celana, baju, atau apa pun yang membuat kamu semakin merasa sesak.

2. Berdiri tegak

Posisi tubuh tertentu terkadang bisa membuat tubuh terasa semakin tidak enak saat asam lambung naik atau gerd kambuh. Misalnya saja, posisi duduk  atau berdiri yang terlalu membungkuk.

Posisi membungkuk dapat memberikan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah. Bagian tubuh ini berupa otot berbentuk cincin yang mengontrol asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Saat posisi tubuh membungkuk, sfingster esofagus akan tertekan sehingga perut semakin terasa tidak enak.

Oleh sebab itu, hindari posisi berdiri atau duduk membungkuk dan meringkuk saat asam lambung naik.

3. Mengunyah permen karet

Penelitian pada 2014 membuktikan, mengunyah permen karet dapat membantu mengatasi asam lambung yang naik. Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur. Air liur merupakan pereda asam lambung alami. Hal ini karena air liur dapat mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

4. Minum obat asam lambung

Pertolongan pertama saat asam lambung naik juga perlu memberikan obat yang tepat bagi penderita. Sebelum minum obat asam lambung, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter.