Rambut Tetap Lepek Setelah Pakai Dry Shampoo? Begini Tips Pemakaiannya

By Yussy Maulia, Jumat, 29 Juli 2022 | 11:06 WIB
Ilustrasi penggunaan dry shampoo jenis spray. (Shutterstock)

Stylo Indonesia – Sampo kering atau dry shampoo sering menjadi andalan banyak perempuan untuk memperbaiki penampilan rambut saat tidak sempat keramas, baik saat kesiangan maupun sedang sibuk melakukan banyak pekerjaan.

Pasalnya, penggunaan dry shampoo lebih praktis daripada sampo biasa. Produk ini bisa langsung diaplikasikan ke helai rambut tanpa perlu dibilas menggunakan air. 

Biasanya, dry shampoo dikemas dalam kaleng spray aerosol yang tinggal disemprotkan ke bagian akar rambut. 

Dry shampoo pun dapat membuat rambut lebih fresh, halus, dan tampak bervolume secara instan karena mampu menyerap keringat pada helai rambut. Seperti diketahui, keringat pada helai rambut kerap membuat rambut tampak lepek dan kusam.

Baca Juga: Atasi Rambut Lepek dan Kusam Tanpa Keramas, Amankah Pakai Dry Shampoo Setiap Hari?

Meski demikian, tak sedikit perempuan yang mengeluhkan tampilan rambut mereka tidak berubah meski sudah memakai dry shampoo. Bahkan, rambut malah menjadi tampak lebih lepek dan berminyak setelahnya.

Jika pernah mengalami hal tersebut, kamu mungkin belum menggunakan dry shampoo dengan benar, Stylovers. Nah, supaya tidak gagal, berikut tips menggunakan dry shampoo untuk memaksimalkan tampilan rambut.

  1. Pastikan rambut dalam keadaan kering

Sesuai namanya, dry shampoo dapat bekerja secara maksimal pada kondisi rambut kering. Jika dry shampoo diaplikasikan pada rambut basah, partikel sampo akan sulit untuk menempel pada helai rambut.

Akibatnya, dry shampoo tidak dapat membersihkan dan menyerap keringat pada helai rambut secara optimal sehingga rambutmu tetap terlihat lepek dan kusam.

Baca Juga: Rekomendasi Alat Penata Rambut Terbaru yang Canggih dan Praktis Digunakan untuk Hasilkan Berbagai Gaya Rambut

  1. Belah rambut menjadi beberapa bagian

Sebelum mengaplikasikan dry shampoo, belah rambut menjadi beberapa bagian. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kamu dalam mengaplikasikan dry shampoo secara menyeluruh.

  1. Semprot dari jarak 20-30 cm

Apabila menggunakan dry shampoo berjenis spray atau mist, pastikan kamu menyemprotnya dalam jarak 20-30 sentimeter (cm). Jika disemprotkan terlalu dekat dengan rambut, dry shampoo dapat meninggalkan residu berwarna putih yang mirip ketombe.