Mengenal Cyberbullying, Perilaku Masyarakat yang Hampir Dinormalisasi

By Layla Ekrep, Sabtu, 25 Juni 2022 | 10:30 WIB
perilaku cyberbullying yang sering tidak disadari (freepik.com)

Stylo Indonesia - Stylovers pernah dengar istilah cyberbullying? Atau pernah membaca berita tentang kasus cyberbullying?

Penting untuk mengetahui dan paham tentang cyberbullying, karena perilaku tersebut saat ini begitu banyak terjadi.

Terutama di era teknologi yang kita rasakan sekarang, cyberbullying yang dilakukan oleh masyarakat kerap menimbulkan dampak bahkan korban jiwa. 

Dilansir dari unicef.org, cyberbullying (perundungan dunia maya) ialah bullying atau perundungan dengan menggunakan atau melalui teknologi digital.

Hal ini dapat terjadi di media sosial, platform chatting, platform bermain game, dan ponsel, yang mana hal tersebut saat ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari.

Biasanya cyberbullying terjadi karena orang-orang tidak dapat memilah secara bijak ranah mereka dalam berkomentar dan memberikan kritik.

Belum lagi, hal-hal yang dilontarkan selalu dalam konotasi yang negatif; perilaku berulang yang ditujukan untuk menakuti, membuat marah, atau mempermalukan mereka yang menjadi sasaran.

Di Indonesia sendiri, cyberbullying kerap dialami oleh figur publik atau orang-orang yang tengah mendapatkan banyak perhatian dan sorotan. 

Baca Juga: Dulu Pernah Dibully, Kisah Inspiratif Nafa Salvana Direkrut Agensi Model di Warung Pecel Lele Kini Jadi Model di Milan Fashion Week

#Cyberbullying yang Hampir Dinormalisasi

Semakin majunya teknologi dan kebebasan dalam berinteraksi di media sosial, lantas tidak sejalan dengan kesiapan mental masyarakat Indonesia dalam menyikapinya, sehingga kerap terjadi penyimpangan perilaku, dan paling banyak yaitu Cyberbullying.