Cara Pakai Sunscreen, 2 Jari atau 2 Ruas Jari? Ini Penjelasan Dokter!

By Cerysa Nur Insani, Rabu, 22 Juni 2022 | 12:45 WIB
Cara Pakai Sunscreen, 2 Jari atau 2 Ruas Jari? (Freepik)

Stylo Indonesia - Stylovers, masih bingung bagaimana cara pakai sunscreen yang benar?

Selain cara pakai sunscreen yang benar, takaran harus seberapa banyak memakai sunscreen juga penting untuk diperhatikan.

Dengan mengetahui bagaimana cara pakai sunscreen dan takaran yang benar, kulit Stylovers akan terproteksi dengan maksimal.

Dilansir dari kompas.com, dokter spesialis kulit dari Vivaldy Skin Clinic, dr. Dedianto Hidajat menjelaskan mengenai cara pakai sunscreen dan takarannya yang tepat.

Yuk, simak penjelasan mengenai cara pakai sunscreen dan takarannya yang tepat menurut dokter kulit berikut ini!

Belakangan ini, di media sosial sempat ada perdebatan apakah takaran memakai sunscreen yang benar sebanyak 2 jari atau 2 ruas jari.

Menurut dr. Dedianto, takaran pemakaian sunscreen tergantung pada beberapa hal yang berkaitan erat dengan pengguna dan kondisi saat memakai sunscreen, di antaranya adalah:

"Baru kita bisa mengetahui jumlah sunscreen seberapa banyak sih yang kita butuhkan," jelas dokter yang juga merupakan dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram ini.

Baca Juga: Perlukah Pakai Sunscreen Hingga ke Mata? Ini Jawaban Dokter Kulit!

Meski begitu, secara garis besar, kita membutuhkan pemakaian sunscreen sebanyak 2 mg/cm2 dari luas kulit.

Namun, tentunya merepotkan dan tidak praktis jika kita harus mengukur dengan penggaris dan timbangan dulu hanya untuk menggunakan sunscreen.