Wajib Paham Biar Enggak Bersisik Kaya Ular! Ini Penyebab Kulit kering Menurut Pakar

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 20 Juni 2022 | 12:25 WIB
Ilustrasi kulit kering (Dermstore)

 

Stylo Indonesia - Penyebab kulit kering adalah hal penting untuk diketahui setiap perempuan.

Sebelum mengatasinya, kamu perlu banget untuk tahu apa penyebab kulit kering yang sedang kamu alami.

Penyebab kulit kering juga dijelaskan secara lengkap oleh dr. M. Akbar Wedyadhana, Sp.KK, FINSDV, FAADV, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, yang diwawancarai Stylo Indonesia, beberapa waktu lalu.

Menurut dokter Akbar, faktor genetik jadi salah satu penyebab kulit kering yang sedang kamu alami nih, Stylovers!

"Pertama bisa saja genetik ya, karena banyak pasien yang memang terlahir dengan bakat kulit kering atau kulit sensitif," ungkapnya.

Meski merasa sudah maksimal perawatan, jika kulit kering disebabkan oleh faktor genetik, tampaknya memang akan tetap terjadi karena kondisi pada kulit kamu sejak lahir.

"Orang-orang seperti ini memang secara genetik sudah mengalami kulit kering jadi produksi pelembap alaminya dari dia lahir memang sudah berkurang atau sudah sedikit jumlahnya, jadi tidak sama jumlahnya dengan orang yang kulitnya normal," kata dokter Akbar.

Selanjutnya, dokter Akbar juga menyebutkan bahwa penyebab kulit kering selanjutnya bisa terjadi karena kondisi lingkungan di sekitar kamu.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering ala Tasya Farasya, Sudah Coba Belum?

"Kedua, faktor sinar matahari atau lingkungan ya, bisa membuat kulit jadi lebih kering. Bisa juga aktivitas di dalam ruangan AC terlalu lama yang membuat kulit jadi lebih kering," tuturnya.

Kondisi kulit kering juga bisa juga terjadi dan dialami oleh seseorang karena faktor usia.