Haruskah Mengenakan Pantyliner Saat Keputihan? Ini Kata Pakar!

By Dinda Tiara Alfianti, Jumat, 3 Juni 2022 | 14:25 WIB
Ilustrasi perempuan (Healthshots)

Stylo Indonesia - Haruskah mengenakan pantyliner saat keputihan?

Pertanyaan ini sering membingungkan para perempuan saat terjadi keputihan.

Lantas, haruskah mengenakan pantyliner saat keputihan?

Hal tersebut dijelaskan oleh dr. Henry Tanojo Sp.K.K, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, yang diwawancarai Stylo Indonesia, beberapa waktu lalu.

Menurut dokter Henry, setiap perempuan harus lebih dulu mengetahui apa penyebab keputihan yang sedang dialaminya.

"Jika keputihan berbau berarti ini adalah suatu keputihan yang abnormal yang bisa disebabkan oleh bakteri, parasit bisa juga virus. Solusi yang paling utama justru kita harus menyembuhkan dulu keputihannya," ungkap dokter Henry.

Saat sudah paham apa penyebab keputihan, dokter Henry juga menyarankan untuk mengenakan pantyliner saat terjadi keputihan.

"Penggunaan pantyliner dan celana dalam yang sesuai tentu diperlukan dengan maksud untuk lebih menyerap keputihan tersebut, " katanya.

Baca Juga: Mitos atau Fakta Jika Keputihan Hanya Dialami oleh Perempuan yang Sudah Penrah Berhubungan Seks? Ini Penjelasan Pakar!

 

Namun, kamu juga disarankan untuk memilih pantyliner yang tepat dan rutin menggantinya agar tidak membuat kondisi keputihan jadi makin parah.

"Tetapi jangan lupa juga justru penggunaan pantyliner yang terlalu tebal dapat menyebabkan kelembapan yang malah akan memperberat keputihan tersebut," jelas dokter Henry.

dr. Henry Tanojo SpKK - id.derms ()

(*)