Efek Penggunaan Hydroquinone Lewat Skincare Abal-abal, Sulit Dihilangkan?!

By Ananda Amelia, Jumat, 3 Juni 2022 | 09:10 WIB
Efek Penggunaan Hydroquinone Lewat Skincare Abal-abal, Sulit Dihilangkan?! (freepik.com)

Stylo Indonesia - Stylovers yang senang dengan dunia skincare pastinya sedikit banyak sudah sering mendengar efek penggunaan hydroquinone lewat skincare abal-abal

Yap, efek penggunaan hydroquinone lewat skincare abal-abal ini emang gak bisa ditebak, tiap orang pun akan memunculkan efek yang berbeda. 

Namun satu hal yang mencengangkan dari efek penggunaan hydroquinone lewat skincare abal-abal ini adalah efeknya yang sulit untuk dihilangkan.

Duh, ngeri banget kan?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Wibowo menjelaskan bahwa efek samping yang terjadi bergantung pada jenis kandungan berbahaya yang terdapat di dalamnya serta konsentrasi dan durasi pemakaian.

Nah, untuk hydroquinone sendiri biasanya efek yang akan ditimbulkan adalah wajah yang kemerahan, perih, dan terkadang gatal, terutama bila terkena sinar matahari. 

Kemudian ada juga efek leukoderma atau depigmentasi confetti like, yakni bercak putih pada kulit dengan pola menyerupai confetti, serta okronosis eksogen.

Bagi yang belum tahu, leukoderma atau depigmentasi confetti like dan okronosis eksogen ini merupakan proses perubahan warna kulit menjadi biru kehitaman. 

Pigmen yang muncul ini sulit sekali dihilangkan, tidak dapat menggunakan krim biasa. 

Baca Juga: Efek Samping Merkuri Pada Skincare Abal-abal yang Bikin Kaget!

 

Bisa dibayangkan bukan Stylovers, niat hati ingin punya kulit bersih dan glowing harus pupus karena pakai skincare abal-abal.