Skincare dapat Menyebabkan Milia? Simak Faktanya Menurut Dermatolog!

By Layla Ekrep, Sabtu, 28 Mei 2022 | 21:00 WIB
Ilustrasi Milia (Health Magazine)

Stylo Indonesia - Masalah milia bukan hal yang asing lagi dan kerap ditemukan, sudah pada tahu hal apa saja yang menjadi penyebab milia

Benarkah eye cream atau skincare dapat menjadi penyebab milia?

Meski penyebab milia belum ditemukan secara jelas, namun beberapa ahli mengungkapkan skincare dapat mengambil peran dalam menyebabkan milia.

Hal ini juga serupa dengan informasi yang dijelaskan oleh dermatolog, dr. Dian Pratiwi, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin tentang penyebab milia.

Milia dapat diidentifikasi melalui adanya benjolan putih kecil di wajah yang biasanya muncul di daerah sekitar mata, pipi, hidung, dan dagu.

Ternyata milia dapat terjadi pada semua kalangan dan usia, mulai dari bayi yang baru lahir hingga orang dewasa. 

Meski tidak memiliki efek samping atau dampak yang signifikan, masalah milia tetap membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan tidak sedikit yang kehilangan kepercayaan diri.

Pada dasarnya, penyebab umum dari munculnya milia ini adalah penumpukan kulit mati yang terperangkap di pori-pori, yang berada dekat dengan permukaan kulit.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Milia yang Mengganggu Penampilan

Dr. Dian Pratiwi, Sp.KK, menyebutkan kulit area mata lebih sensitif dibandingkan kulit area lainnya di wajah sehingga tidak menutup kemungkinan rentan terpapar milia.

Banyak hal yang dapat dilakukan guna mencegah penyebab milia, salah satunya memperhatikan skincare yang digunakan.