Tips Mengatasi Gatal Berlebihan pada Kulit Menurut Ahli Dermatologi

By Layla Ekrep, Kamis, 26 Mei 2022 | 12:30 WIB
Tips sederhana yang bisa diterapkan untuk mengatasi gatal berlebihan pada kulit menurut dermatolog (freepik.com)

Stylo Indonesia - Stylovers tengah mencari informasi seputar tips mengatasi gatal berlebihan pada kulit?

Pada dasarnya, informasi mengenai tips mengatasi gatal berlebihan pada kulit saat ini sangat mudah untuk diakses di internet atau media sosial. 

Namun, jangan sampai salah, tips mengatasi gatal berlebihan pada kulit harus disesuaikan dengan jenis kulit dan permasalahan kulit, lho.

Tidak usah khawatir, Stylo Indonesia telah merangkum tips mengatasi gatal berlebihan pada kulit menurut ahli dermatologi yang cukup sederhana dan bisa Stylovers terapkan.

Gatal berlebihan pada kulit biasanya terjadi di bagian tubuh tertentu seperti perut, tangan, paha, dan kaki.

Penyebabnya juga beraneka macam, mulai dari faktor internal hingga faktor eksternal, yang mana selalu berbeda pada setiap orang. 

Tingkatan masalah gatal berlebihan ini juga beraneka macam, apabila sampai pada tingkat yang parah ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter kulit atau ahlinya. 

dr. Dian Pratiwi, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin mengemukakan ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan semua orang dalam mengatasi gatal berlebihan pada kulit. 

Baca Juga: Gatal Berlebihan pada Kulit? Ini Penyebabnya Menurut Dermatolog!

Penyebab tersering dari gatal berlebihan adalah kulit kering dan dermatitis atopik (peradangan pada kulit), sehingga pastikan kulit dirawat dengan baik sebagai langkah awal. 

Stylovers juga bisa mandi dengan air suhu biasa (hindari air panas), hal ini supaya mencegah kulit kering dan tidak mudah gatal.