Gatal Berlebihan pada Kulit? Ini Penyebabnya Menurut Dermatolog!

By Layla Ekrep, Rabu, 25 Mei 2022 | 15:14 WIB
Kenali penyebab dan cara mengatasi gatal berlebihan pada kulit menurut dermatolog (freepik.com)

Stylo Indonesia - Stylovers tengah mengalami gatal berlebihan pada kulit dan bingung dengan penyebabnya?

Gatal berlebihan pada kulit ada baiknya tidak dianggap sepele karena bisa jadi salah satu tanda atau gejala penyakit serius, sehingga perlu adanya wawasan yang baik. 

Nah, Stylo telah rangkum beberapa informasi terkait gatal berlebihan pada kulit khusus untuk Stylovers, nih!

Informasi yang Stylo sajikan seputar permasalahan gatal berlebihan pada kulit bersumber langsung dari dermatolog, dr. Dian Pratiwi, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Gatal berlebihan pada kulit biasanya dirasakan di beberapa bagian tubuh seperti perut, tangan, paha dan kaki.

Menurut dr. Dian, merasakan gatal yang berlebihan di beberapa bagian tersebut merupakan gejala dari berbagai kelaian kulit.

Jika menggaruk bagian-bagian tubuh di atas dalam kondisi gatal, biasanya akan menimbulkan bekas hitam yang kerap tidak sedap dipandang mata.

Beberapa orang bahkan merasa tidak percaya diri dengan dampak yang ditimbulkan akibat permasalahan gatal berlebihan ini karena bersangkutan dengan penampilan. 

Baca Juga: Dermatolog Bagikan 3 Cara Kenali Produk Skincare Abal-abal Bermerkuri!

Penuturan dr. Dian menyebutkan bahwa penyebab tersering dari gatal berlebihan ini adalah kulit kering dan Dermatitis Atopik (peradangan pada kulit).

Ada kemungkinan penyebab juga berasal dari faktor eksternal seperti makanan, minuman, kandungan skincare, air, pakaian, dan semacamnya.