Jurnal Pejuang Haid Ane Setiani: Sempat Menduga Tubuh Mengidap Penyakit Karena Terlambat Mengalami Haid Pertama

By Layla Ekrep, Minggu, 15 Mei 2022 | 14:25 WIB
Jurnal Pejuang Haid Ane Setiani: Sempat Menduga Tubuh Mengidap Penyakit Karena Terlambat Mengalami Haid Pertama (Dok. Pribadi Ane Setiani)

Stylo Indonesia - Hai, Stylovers! Stylo Indonesia kini hadir dengan kanal Jurnal Pejuang Haid yang berisikan cerita pengalaman para sahabat perempuan atau Stylovers mengenai semua masalah terkait menstruasi.

Melingkupi faktor kesehatan dan psikologis serta yang berujung kepada penampilan kulit, Jurnal Pejuang Haid juga akan berbagi tips bagaimana setiap sahabat perempuan atau Stylovers berdamai dengan nyeri haid yang kerap menyerang. 

Jurnal Pejuang Haid yang ke-5 datang dari Ane Setiani yang sempat menduga memiliki penyakit karena terlambat mengalami menstruasi pertama.  

Yuk, simak percakapan Stylo Indonesia dengan Ane Setiani tentang pengalaman seputar haid yang informatif lagi inspiratif, berikut ini!

Apa saja perbedaan gejala atau reaksi tubuh sepanjang siklus haid?

Ane: "Sebelum haid biasanya muncul rasa sakit dan nyeri di beberapa bagian tubuh seperti dada, perut dan punggung. Sempat juga mengalami perubahan mood dalam waktu singkat.

Gejala ini berlanjut hingga haid datang. Mood dan emosi semakin tidak stabil. Sempat mengalami masalah jerawat hormonal juga yang muncul di wajah.

Setelah masa haid berakhir biasanya badan terasa lebih segar dan ringan dibawa beaktivitas." 

Baca Juga: Jurnal Pejuang Haid Siti Hutami: Belajar dan Berdamai dari Pengalaman Buruk adalah Salah Satu Bentuk Kesiapan Menghadapi Siklus Haid

Apa saja cerita yang dialami terkait masalah kesehatan seputar siklus haid?

Ane: "Pernah merasakan sakit perut keram selama lebih kurang 30 menit. Karena tidak bisa beraktivitas dan bergerak, aku memilih untuk istirahat dengan cara tidur."