Salah Satu Bentuk Rekasi Tubuh Saat Haid, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Hormonal Menurut Dermatolog

By Layla Ekrep, Sabtu, 7 Mei 2022 | 14:00 WIB
jerawat hormonal di pipi dan dagu saat awal masa haid (pexels.com)

Stylo Indonesia - Stylovers apakah sudah pada tahu penyebab dan cara mengatasi jerawat hormonal yang kerap muncul pada saat awal masa haid atau sepanjang haid berlangsung? 

Perlunya mengetahui penyebab dan cara mengatasi jerawat hormonal dapat membantu kamu menangani masalah jerawat hormonal secara bijak.

Merupakan salah satu reaksi tubuh paling umum yang kerap dialami perempuan, informasi penyebab dan cara mengatasi jerawat hormonal akan sangat bermanfaat untuk kamu simak.

Penyebab dan cara mengatasi jerawat hormonal berikut berfokus pada jerawat yang muncul di bagian pipi dan dagu yang membersamai siklus haid.

Menurut pemaparan dr. Dian Pratiwi, Sp.KK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, jerawat yang muncul di pipi dan dagu menjelang datang bulan umumnya merupakan jerawat hormonal.

Ciri lokasi, penyebab, dan waktu timbulnya jerawat adalah hal yang khas dari jerawat hormonal.

Bentuk jerawat ini umumnya besar dan keras, dan biasa disebut dengan jerawat nodul.

Pemicu utama jerawat hormonal adalah peningkatan hormon yang membuat produksi minyak di kulit pun ikut meningkat.

Baca Juga: Dermatolog Bagikan 3 Cara Kenali Produk Skincare Abal-abal Bermerkuri!

Jerawat hormonal pada umumnya memiliki ciri menyerupai benjolan di bawah kulit yang memerah akibat peradangan dan terasa sakit saat disentuh. 

Bahkan di beberapa kasus, jerawat hormonal akan meninggalkan bekas jerawat yang membutuhkan waktu cukup lama untuk hilang.