Muffest+ 2022 Galakan Ajakan Kepedulian Melalui Kampanye Sustainable Fashion dan Bangga Buatan Indonesia

By Layla Ekrep, Kamis, 28 April 2022 | 16:10 WIB
Muffest+ 2022 Galakan Ajakan Kepedulian Melalui Kampanye Sustainable Fashion dan Bangga Buatan Indonesia (Dok. MUffest+ 2022 (ade_oyot))

Stylo Indonesia - Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu perilaku konsumtif yang saat ini beredar di masyarakat adalah motif membeli produk fashion bukan untuk kebutuhan melainkan keinginan.

Tidak jarang, sampah yang dihasilkan dari tren ini kerap ikut menyumbang dalam pencemaran lingkungan pada bumi yang kita tinggali ini.

Saat ini banyak pihak yang menyadari dan berlomba-lomba mengusung gerakan peduli lingkungan yang dimulai dari berbagai bidang.

Termasuk di dalamnya konsep sustainable fashion yang dinilai dapat mengurangi jumlah sampah dari tren fashion yang saat ini erat dengan gaya hidup masyarakat.

Baca Juga: Muffest+ 2022: Itang Yunasz Hadirkan Koleksi Bertajuk Beautiful East yang Terinspirasi dari Sumba

Berdasarkan hal ini, salah satunya MUFFEST+ 2022 sebagai ajang dan barometer perkembangan fesyen muslim Indonesia yang disoroti banyak orang ikut menggugah rasa peduli masyarakat.

Dengan mengangkat tema “Muslim Fashion, Muslim Lifestyle”, MUFFEST+ 2022 berupaya mengajak para pelaku usaha fesyen muslim dan konsumen untuk lebih bertanggung jawab dengan memperhatikan konsep sustainable fashion sebagai suatu gaya hidup.

Langkah menerapkan sustainable fashion yang telah menjadi isu global, menjadikan produk fesyen muslim Indonesia memiliki kekuatan untuk memasuki pasar dunia. 

Sejalan dengan konsep sustainable fashion, penggunaan konten lokal hasil sinergi desainer dan perajin kain daerah kembali menjadi kepedulian MUFFEST+ yang didukung banyak pihak.

Seperti pada pelaksanaan hari kedua MUFFEST+ 2022, tujuh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) mempersembahkan fashion show yang menampilkan kolaborasi antara perajin kain daerah dan desainer daerah maupun nasional.

Gelaran Fashion Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Dok. MUffest+ 2022 (ade_oyot))

Ada pula Dekranasda Kota Malang yang mendukung desainer asal daerah setempat yaitu Alfatir Muhammad X Dian Likos dan Mysuga X Yeti Topiah.

Fashion show hasil kolaborasi apik ini memperlihatkan koleksi busana muslim yang menggunakan kain-kain unggulan dari masing-masing daerah tersebut dengan sentuhan desain dan tren global.

Parade karya desainer dan brand yang mengacu pada konsep sustainable, baik melalui penggunaan material lokal berupa kain tradisional maupun pengolahan bahan dan produksi ramah lingkungan yang turut dihadirkan pada hari kedua MUFFEST+ 2022.

Pihak yang ikut meramaikan adalah Puan Indonesia, Nina Batik Indramayu X Febby Antique, Lase-Armoire by Yurita Puji, Haitwo by Temmi Wahyuni, Oleander by Ribie, Identix by Irma Susanti, DMahen X Ng’Ruit by Mahendra X Henni, Aden Hijab, dan Anggia.

Produk Buatan Indonesia dan Sustainable Fashion (Dok. MUffest+ 2022 (ade_oyot))

MUFFEST+ 2022 terselenggara atas dukungan dan kerjasama sinergis dengan berbagai pihak berikut sponsor yang melengkapi.

Gelaran ini didukung pula oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Kementerian Perdagangan RI, Bank Indonesia, Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta; BBPVP Semarang-Kementerian Ketenagakerjaan RI; dan Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan konsep hybrid, kegiatan MUFFEST+ 2022 dilakukan secara offline dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai peraturan Pemerintah, dan secara virtual agar dapat disaksikan oleh masyarakat luas.

Hal yang diharapkan dengan terselenggaranya MUFFEST+ 2022 yang berkonsep “Muslim Fashion, Muslim Lifestyle” ini setidaknya dapat membuat masyarakat lebih peduli akan lingkungan dan keberlanjutan serta bangga menggunakan produk asli buatan Indonesia.

(*)