Ramadan Cuan: Tips Raup Untung dari Cerita Bisnis Online Skincare Lokal dan Makanan Rumahan

By Grace Kencana Pranata, Kamis, 31 Maret 2022 | 14:45 WIB
Ramadan Cuan: Tips Raup Untung dari Cerita Bisnis Online Skincare Lokal dan Makanan Rumahan (Kolase dokumentasi dari Dapur Cihuuyy dan Skeeneeds)

Stylo Indonesia - Menjelang bulan Ramadan, Stylo Indonesia di tahun 2022 ini menghadirkan konsep artikel liputan khusus untuk Stylovers, audiens Stylo Indonesia.

Tak hanya seputar Fashion and Beauty, tahun ini Stylo Indonesia mengusung tema Ramadan Cuan, liputan khusus yang menghadirkan cerita dan inspirasi dari para penggiat bisnis lokal di Indonesia.

Konsep Ramadan Cuan ini bermaksud ini memberikan insight-insight khusus seputar bisnis online dari para pelaku usaha merek lokal dan UMKM, khususnya bagaimana menangkap momen Ramadan sebagai peluang untuk menambah cuan dalam bisnis.

Nah, Stylovers, kali ini Cece Stylo berkesempatan untuk mewawancarai dua narasumber dengan usaha bisnis yang dijalani secara online dan cerita pengalamannya cukup mencuri perhatian Cece ketika mendengar kisahnya.

Untuk narasumber yang pertama, Cece Stylo mewawancarai Jolanda Barbier selaku Founder & Operational Director dari Skeeneeds, yang merupakan merek skincare lokal Indonesia.

Skeeneeds sendiri sudah meluncurkan dua produk skincare yaitu Sunscreen Mist dan Charcoal Mask.

Selanjutnya, narasumber yang kedua, Cece Stylo berbincang-bincang dengan pemilik dari usaha Dapur Cihuuyy yaitu Devi Maharani yang berasal dari Bogor, Jawa Barat.

Dapur Cihuuyy ini merupakan usaha makanan yang dirintis oleh Devi Maharani bersama sang Ibunda, dengan aneka produk yang ditawarkan mulai dari sambal kemasan, minyak bawang untuk masak, macam-macam masakan lauk rumahan ala Bogor, dan rice box.

Baca Juga: Tren Makeup Ramadan dan Lebaran 2022: Bisa Tampil Soft dan Bold Sesuai Kepribadian Kamu Nih!

 

Kedua narasumber Stylo Indonesia ini senang banget, nih, Stylovers, untuk berbagi kisah awal merek usaha dirintis, perjuangannya, dan tips bisnis auto cuan di bulan Ramadan.

Jolanda Barbier Founder dan Operational Director Skeeneeds (Andrew Arismunandar)

Seperti pendapat dari Jolanda Barbier, selaku penggiat usaha skincare lokal yang saat ini sedang naik daun, ia mengatakan pentingnya suatu brand aktif di seluruh media sosial.

Hal ini lantaran semua informasi bisa diakses secara cepat melalui digital, sehingga brand perlu aktif memasarkan produknya di seluruh platform media sosial.

"Selain media sosial, Market Place juga semua kita masukin. Percayalah, semua platform Market Place puny marketnya berbeda-beda. Misalnya ada di Market Place satu kok ga laku ya, tapi tenang aja, ada Market Place lain yang punya pasarnya sendiri. Yang penting, jangan lupa untuk memulai," ungkap Jolanda Barbier kepada Cece Stylo mengenai tips bisnis online.

Hal serupa juga dipaparkan ole Devi Maharani, sebagai pelaku usaha bisnis kategori FnB yaitu Dapur Cihuuy, yang memasarkan produknya baik secara online maupun offline.

Devi Maharani Pemilik Dapur Cihuuyy (dokumentasi pribadi)

"Apapun itu bisnisnya, yuk dicoba, entah itu FnB atau yang lainnya, semua punya peluang yang sama di Ramadan. Untuk momen Ramadan ini, kita bisa bikin program atau gimmick yang disesuaikan dengan target market dan produk yang dijual," papar Devi Maharani kepada Cece Stylo.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Kami. Rilis Koleksi Raya 2022 Bertajuk Friendship Trilogy

 

Sebagai pamungkas, Devi menambahkan bagi Stylovers yang ingin memulai usaha, penting untuk menambah circle pertemanan atau circle sosial baru, mengenal dan memahami pola dari circle tersebut, dan kemudian kita bisa masuk mengikuti pola-pola tersebut untuk berjualan.

Nah, Stylovers, itulah sedikit teaser tentang kedua narasumber Ramadan Cuan ala Stylo Indonesia yang bisa dibagikan kali ini.

Untuk cerita selengkapnya dari Jolanda Barbier dan Devi Maharani, akan diulas lengkap dalam artikel dan video yang akan tayang di website dan Youtube Stylo Indonesia. 

Stay tune terus di konten-konten Ramadan Cuan Stylo Indonesia, ya! (*)