Kandungan Hydroquinone Aman Digunakan? Cek Penjelasan Dokter Kulit!

By Ananda Amelia, Kamis, 24 Maret 2022 | 13:15 WIB
Kandungan Hydroquinone Aman Digunakan? Cek Penjelasan Dokter Kulit! (Freepik.com)

Stylo Indonesia - Produk skincare abal-abal kerap kali menggunakan merkuri dan hydroquinone sebagai bahan baku, tapi ternyata ada sebuah pembahasan mengenai kandungan hydroquinone aman digunakan.

Apakah Stylovers pernah mendengar pernyataan mengenai kandungan hydroquinone aman digunakan?

Pernyataan tersebut cukup menarik terutama saat membahas mengenai skincare abal-abal, terutama pada statement kandungan hydroquinone aman digunakan.

Karena, mendengar istilah skincare abal-abal tentunya sudah bisa membuat kamu merinding dengan efek samping yang ditimbulkan, apalagi jika sudah dipakai bertahun-tahun.

Kandungan bahan kimia seperti merkuri, steroid dan juga hydroquinone yang tidak tahu jumlah kadarnya yang bisa membuat efeknya tidak jelas. 

Namun ternyata, diantaranya banyaknya kandungan skincare abal-abal, hydroquinone adalah kandungan yang sebenarnya boleh digunakan lho, Stylovers.

Akan tetapi, mengingat hydroquinone termasuk dalam golongan obat keras, maka dengan catatan, penggunaannya harus dalam pengawasan dokter.

Hal ini dijelaskan langsung oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Arini Wibowo.

Di Indonesia hydroquinone masuk dalam kategori obat di BPOM, bukan kosmetik, sehingga tidak tersedia OTC. hydroquinone tidak boleh digunakan sebagai obat bebas melainkan harus dalam pengawasan dokter dan digunakan dengan indikasi yang jelas setelah berkonsultasi dengan dokter.” ujarnya. 

Baca Juga: Pakai Skincare Abal-abal Bikin Cepat Putih, Kenapa Bisa Gitu?

 

Selain itu, dr. Arini Wibowo juga menjelaskan bahwa pada batasan tertentu, penggunaan hydroquinone memang aman untuk digunakan.