Jangan Sampai Pakai Skincare Abal-abal! Ini Efek Bahaya Hidrokuinon untuk Kulit Kamu

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 14 Februari 2022 | 16:41 WIB
Ilustrasi skincare (Healthline.com)

Stylo Indonesia - Skincare abal-abal kini banyak beredar di kalangan masyarakat.

Tanpa disadari penggunaan skincare abal-abal bisa saja dilakukan oleh beberapa perempuan.

Apalagi dengan mudahnya kini berbelanja skincare secara online, hingga beberapa perempuan akan kurang teliti saat membeli skincare.

Padahal, pada skincare abal-abal terdapat beberapa kandungan yang ternyata berbahaya bagi kesehatan kulit.

Salah satunya kandungan Hidrokuinon yang paling sering didapati oleh Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) pada skincare abal-abal yang beredar di pasaran.

Seperti yang dilansir oleh Stylo Indonesia dari Kompas.com, meski bahan-bahan berbahaya untuk penggunaan kosmetik telah resmi dilarang oleh Badan POM, serta pengujian sampling produk kosmetik maupun obat-obatan sudah dilakukan setiap tahunnya, masih saja ditemukan berbagai produk yang mengandung bahan-bahan berbahaya di dalamnya.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, kata Reri, beberapa produk kosmetik yang ditemukan mengandung bahan berbahaya adalah yang kerap digunakan untuk proteksi dari infeksi Covid-19.

Sehingga, biasanya produk yang paling banyak mengandung zat berbahaya itu adalah hand gel ataupun moisturizer.

 Baca Juga: Dari Parfum Hingga Skincare, Ini Rekomendasi 4 Produk yang Cocok untuk Hadiah Valentine

"Dan kosmetik berupa hand gel, hand moisturizer yang digunakan oleh masyarakat secara umum dalam menerapkan protokol kesehatan," kata Reri dalam Konferensi Pers BPOM, Rabu (13/10/2021) lalu.

Seperti diketahui, hand moisturizer dan hand gel saat ini banyak digunakan masyarakat untuk membersihkan atau mensterilisasikan area permukaan tangan setelah menyentuh benda-benda asing- yang berisiko terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, dan juga digunakan untuk menjaga kelembapan kulit di saat kita dianjurkan rutin mencuci tangan pakai sabun.