Ingin Kulit Tampak Segar dan Glowing? Ini Tahapan Skincare di Malam Hari yang Wajib Dicoba

By Sheila Respati, Sabtu, 11 Desember 2021 | 20:28 WIB
Ilustrasi skincare malam hari. ((Popcorner/Shutterstock))

Stylo.id – Jarang bepergian dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah tidak membuat kulit terhindar dari persoalan. Salah satunya, kulit kusam dan bertekstur kasar (bumpy).

Stylovers tentunya bingung mengapa kondisi kulit berubah menjadi seperti itu. Padahal, kulit tidak sering terpapar matahari dan polusi. Nah, sebab utamanya bisa jadi karena tumpukkan kulit mati.

Sebagai informasi, setiap hari jutaan sel kulit mati terbentuk di permukaan. Tekstur bumpy dan tampilan kulit yang kusam merupakan tanda bahwa sel kulit mati tidak terangkat sempurna.

Selain itu, kulit kusam juga bisa jadi karena proses membersihkan yang kurang maksimal. Stylovers memang tidak boleh membersihkan wajah hingga terasa kesat karena kulit wajah juga butuh kelembapan. Namun, bukan berarti membiarkan sisa-sisa produk makeup atau sunscreen tidak dibersihkan.

Untuk memperoleh tampilan kulit wajah yang lebih segar, sehat, dan glowing berikut tahapan skincare malam yang bisa Stylovers terapkan.

Bersihkan

Tahap pembersihan (cleansing) penting untuk dilakukan. Usai beraktivitas, meski hanya di rumah saja, debu dan kotoran yang berpotensi menyumbat pori-pori bisa menempel. Gunakan cleanser yang lembut.

Baca Juga: Rekomendasi Rangkaian Skincare Mencegah Kulit Kusam Saat Menstruasi

Kamu bisa memilih antara foam cleanser atau gel cleanser. Banyak yang mengatakan bahwa foam cleanser dapat membuat kulit terasa kering dan tertarik setelah mencuci muka. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Memperhatikan formula yang digunakan dan menyesuaikannya dengan jenis kulit adalah cara yang paling tepat untuk memilih cleanser.

Apabila kamu habis beraktivitas seharian di luar rumah, mengenakan make-up, dan sunscreen, lakukan double cleansing. Bersihkan wajah dengan micellar water atau cleansing oil. Setelah itu, baru gunakan cleanser.

Eksfoliasi (bila perlu)