Memperingati Hari Batik Nasional, Gantari: The Final Jorney to Java di Candi Prambanan

By Diandra Jessica, Jumat, 8 Oktober 2021 | 16:30 WIB
Memperingati Hari Batik Nasional, Gantari: The Final Jorney to Java di Candi Prambanan. (instagram.com/prambananpark)

Stylo Indonesia - Banyak hal yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2021.

Ada yang memperingati Hari Batik Nasional dengan menggunakan batik saat sedang berkerja hingga mengunggah pada halaman media sosialnya.

Sedangkan disisi lain, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin kerjasama dengan Lakon Indonesia dalam memperingati Hari Batik Nasional loh, Stylovers.

Baca Juga: Tren Fashion 2022: Inovasi Pakaian Nyaman dengan Detail Motif yang Mencuri Perhatian

Memperingati Hari Batik Nasional, Gantari: The Final Jorney to Java di Candi Prambanan. (instagram.com/lakon_indonesia)

Hasil kerjasama antara Kemenparekraf dengan Lakon Indonesia ini untuk mengusung acara Gantari: The Final Journey to Java di Candi Prambanan.

Menurut Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, bahwa keragaman budaya dan wastra Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan di industri fashion tanah air.

Oleh sebab itu, pada acara Gantari, Lakon Indonesia akan mempresentasikan 130 koleksi pakaian siap pakai yang digunakan oleh 100 orang model.

Baca Juga: 3 Batik Termahal di Indonesia Dihargai Hingga Ratusan Juta Rupiah

Memperingati Hari Batik Nasional, Gantari: The Final Jorney to Java di Candi Prambanan. (Dok. Lakon Indonesia)

130 koleksi pakaian Lakon ini mengangkat kekayaan kain dari hasil karya tangan pengrajin tradisional berupa batik, jumputan dan tenun lurik yang menggunakan bahan serat natural.

Nah dalam pagerlaran tersebut, Lakon Indonesia juga ingin memberikan penghoramatan bagi para perempuan yang memiliki peran penting dalam pewarisan nilai budya dan etika.

"Perempuan adalah kunci dari pewarisan nilai luhur dan etika dalam peradaban manusia dari dulu, sekarang hingga masa yang akan datang," ujar Thresia Mareta, Pendiri Lakon Indonesia.

Baca Juga: Inilah 6 Batik Lawas Penuh Sejarah Kesukaan Para Raja dan Istri Presiden Indonesia

Kini Gantari: The Final Journey to Java turut mengundang 250 tamu dari kapasitas 1000 orang di Candi Prambanan nih, Stylovers.

Namun, Stylovers juga bisa turut menyaksikan acara Gantari pada 9 Oktober 2021 di YouTube Kemenparekraf, Lakon Indonesia dan Instagram Pesona Indonesia.(*)