Cara Memilih Pelembap Sesuai Jenis Kulit, Kira-kira Gimana Ya?

By Ananda Amelia, Senin, 20 September 2021 | 20:05 WIB
Cara Memilih Pelembap Sesuai Jenis Kulit, Gimana Ya? (pexels.com)

Stylo Indonesia - Semua tipe jenis kulit sangat penting untuk rajin menggunakan pelembap, yang terpenting adalah memilih pelembap sesuai jenis kulit.

Bagi Stylovers pemilik tipe kulit normal, berminyak, kering, dan kombinasi tentu perlu memilih pelembap sesuai jenis kulit agar dapat membantu mengatasi permasalahan kulit yang sedang diatasi.  

Cara memilih pelembap sesuai jenis kulit bisa dibilang cukup tricky karena jika salah memilih produk, bisa menyebabkan masalah kulit, misalnya jerawat dan komedo. 

Baca Juga: 4 Pelembap untuk Meratakan Warna Kulit Belang, Remaja Boleh Pakai!

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Indah Widyasari menyebutkan bahwa pelembap terbagi ke dalam 3 jenis, yakni yang bersifat oklusif, humektan, dan emolien.

“Moisturizer itu terbagi menjadi tiga, pertama adalah moisturizer yang bersifat oklusif, artinya, zat aktif atau ingredients yang menahan penguapan air di kulit kita. Misalnya, petrolatum, lanolin, dan mineral oil. Kedua adalah moisturizer yang memiliki sifat humektan, artinya moisturizer ini menarik air dari lingkungan yang umumnya pada kandungan skincare namanya glycerin, asam hyaluronat, urea, dan propylene glycol. Ketiga adalah moisturizer yang memiliki ingredients yang bersifat emolien, yakni mengisi celah antara sel-sel kulit sehingga menghasilkan kulit yang lebih lembut, contohnya adalah dimethicone dan isopropyl palmitate.” ujar dr. Indah Widyasari.