Jangan Langsung Potong Rambut Kering! Ini Cara Merawat Rambut agar Tetap Sehat dan Glowing

By Grace Kencana Pranata, Minggu, 5 September 2021 | 16:05 WIB
3 resep DIY hair mask yang cocok untuk mengatasi masalah rambut kering (Freepik.com)

Stylo Indonesia - Rambut kering, rusak, dan patah memang menjadi musuh utama bagi kaum perempuan.

Sebagai mahkota kepala, jika rambut kering, rusak, dan patah, tentu membuat penampilan kita menjadi kurang maksimal.

Biasanya akan timbul rasa gemas untuk memotong rambut kering, rusak, dan patah, karena dirasa ini cara cepat untuk menghilangkan penampilan rambut yang rusak.

Dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com, menurut direktur kreatif di Maxine Salon, Amy Abramite, rambut pecah-pecah terjadi karena lapisan pelindung di bagian luar kutikula rambut rusak.

Baca Juga: 5 Tips agar Hasil Catokan Rambut dapat Bertahan Lama

"Penyebabnya karena stresor dari luar, seperti penataan rambut dan zat kimia yang dipakai di salon. Saat struktur internal rambut terbuka, rambut menjadi rapuh, dehidrasi, dan rusak, akhirnya pecah-pecah," kata Amy, seperti dikutip dari stylecaster.com.

Nah Stylovers, jika kondisi rambut kering dan patah yang terlalu parah memang sebaiknya dipotong, tapi pada beberapa kondisi kamu masih bisa, loh, menyelamatkan rambut dengan cara berikut ini:

- Gunakan sisir yang tepat

Setelah menggunakan kondisioner saat keramas, secara perlahan sisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang (wide-tooth comb) sampai kusutnya terurai. Cara ini akan mencegah rambut patah saat kita mencoba menyisirnya setelah keramas.

Baca Juga: Battle Sampo Keratin Harga Terjangkau Tresemme VS ERHA, Bikin Rambut Kusut Jadi Halus!