Disuntik Vaksin Covid-19, Perempuan Ini Mengeluhkan Perihal Menstruasi yang Dialaminya

By Grace Kencana Pranata, Kamis, 24 Juni 2021 | 14:55 WIB
Makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat menstruasi. (freepik.com)

Stylo Indonesia - Saat ini, vaksin Covid-19 sedang dilakukan secara massal di berbagai tempat, termasuk di Indonesia.

Dilansir Stylo Indonesia dari Grid Health, diketahui dari laman Healthywoman.org, pada artikel yang ditulis oleh Nicole Audrey Spector (26/5/2021) dengan judul 'Can the Covid-19 Vaccine Disrupt Our Menstrual Cycle? Maybe — But It’s Likely Nothing to Worry About'.

Pada artikel tersebut doisebutkan dirinya mengalami hari pertama yang sangat berat dan kemudian aliran yang lebih teratur hingga ringan di hari-hari berikutnya paska disuntik vaksin Covid-19.

Tapi setelah mendapatkan vaksin Covid-19 kedua, haidnya berbeda.

Baca Juga: Padahal Harganya Selangit, Ini Alasan Sandal Oran Hermes Digandrungi Sejuta Artis!

Tiga hari berikutnya, haid yang terasa lebih berat dan lebih menyakitkan dari biasanya.

Pada hari keempat, pendarahan tiba-tiba berhenti, padahal biasanya akan berkurang. Itu kembali beberapa hari kemudian, berat seperti biasa, dan kemudian menghilang lagi.

Perubahan mendadak dalam siklus menstruasinya itu membuat dirinya khawatir, bukan hanya karena biasnaya hadi selelau teratur, tapi tetapi karena dirinya sedang menjalankan program kehamilan.

Apa yang dialaminya itu dia tanyakan hingga ke beberapa dokter kebidanan dan kandungan.

Menurut salah satu dokter, ada beberapa korelasi antara vaksin kedua dan perubahan menstruasi pada beberapa perempuan, belum ada penelitian ilmiah substansial yang tersedia tentang masalah ini, jadi hal ini masih berada di ranah bukti anekdotal.

Baca Juga: Banyak yang Salah Kaprah! Bukan Tes Swab PCR, Ini yang Harus Dilakukan Setelah Kontak Langsung dengan Pasien Positif Covid-19