Drama Korea Jadi Hiburan Andalan, Ini Trik Irit Kuota untuk Streaming

By Yussy Maulia, Selasa, 10 November 2020 | 14:23 WIB
Ilustrasi menonton drama Korea. (Dok. Shutterstock)

Stylo.ID – Sadar atau tidak, bahwa pandemi sudah mengubah cara Stylovers menikmati hiburan. Sebelum pandemi, pergi ke bioskop bisa dilakukan kapan saja. Begitu juga dengan menonton konser.

Kini, bioskop belum kembali dibuka. Konser-konser dan gigs belum juga bisa digelar akibat kurva penularan Covid-19 yang juga belum melandai. Nah, alhasil layanan streaming menjadi andalan.

Menonton drama korea jadi kebiasaan yang enggak bisa dilepaskan dari keseharian. Omong-omong soal drama korea, beberapa tahun belakangan, industri hiburan Korea memang semakin berkembang dan diminati hingga mancanegara. Tak terkecuali di Indonesia.

Bukan hanya sinematografi, konsep cerita dan chemistry di antara para pemerannya yang kuat juga mampu menyentuh emosi penontonnya.

Menonton drama korea kini banyak dilakukan dengan memanfaatkan layanan-layanan streaming. Terutama, buat Stylovers yang layanan TV kabelnya enggak menyediakan channel seperti SBS, KBS, atau TvN yang film dan drama koreanya keren-keren.

Namun, supaya nonton drama korea setiap hari tetap lancar, Stylovers tentu mesti punya kuota internet yang lumayan besar. Nah, begini cara irit kuota supaya kenikmatan hakiki menonton drama korea enggak malah menambah bujet paket internet bulanan selama masih di rumah aja.

1. Unduh episode

Salah satu cara ampuh untuk menghemat kuota adalah dengan mengunduh setiap episode dan menyimpannya di gadget kamu. Setiap episode dapat ditonton secara offline. Tidak perlu menggunakan internet lagi saat menontonnya. Tentunya, kamu bisa menghemat lebih banyak kuota dengan cara ini.

2. Atur resolusi video

Streaming video dengan resolusi tinggi atau high-definition akan menguras kuota internet lebih banyak.

Maka, solusi terbaik adalah dengan mengatur resolusi videonya. Umumnya, resolusi video tersedia dalam 144, 360, 480, 720, hingga 1080 piksel (full high-definition).

Jika dirasa ingin berhemat kuota, kamu bisa memilih antara resolusi 360 piksel dan 480 piksel. Perlu diketahui, semakin rendah resolusi video, maka semakin sedikit kuota yang terpakai.