Viral Dentuman Misterius Terdengar Oleh Masyarakat Jakarta, BMKG Menduga Suara Tersebut Berasal Dari Sini!

By Stylo Indonesia, Senin, 21 September 2020 | 12:55 WIB
(Ilustrasi) Viral Dentuman Misterius Terdengar Oleh Masyarakat Jakarta, BMKG Menduga Suara Tersebut Berasal Dari Sini! (Twitter/HumasBMKG)

Stylo Indonesia - Pada pagi hari ini, Senin (21/09/2020) sebagian masyarakat dikagetkan dengan suara dentuman misterius yang bikin heboh.

Dentuman tersebut didengar oleh sebagian masyarakat Jakarta khususnya Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Tajk hanya dentuman misterius, ada juga masyarakat yang mengaku suara tersebut diiring dengan getaran.

Akhirnya, banyak netizen yang melaporkan suara dentuman itu di media sosial hingga jadi ramai.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menduga suara dentuman misterius yang terdengar di DKI Jakarta pada Minggu (20/9/2020) malam, akibat petir di Gunung Salak, Jawa Barat.

Baca Juga: Dunia dan Indonesia Kembali Dibuat Ketar-ketir, Wanita Indigo Sebut Ada 4 Negara yang Bakal Diterjang Gempa Berkekuatan Tinggi di Bulan Ini, Mana Saja?

Ketua Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hasil monitoring pihaknya tidak mencatat adanya aktivitas gempa ketika warga melaporkan adanya peristiwa tersebut.

"Saat warga melaporkan suara dentuman malam ini, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya," ujar Daryono dalam keterangannya, Minggu malam.

Namun, hasil monitoring petir yang dilakukan BMKG didapati adanya aktivitas di kawasan Gunung Salak sekitar pukul 19.00 - 21.00 WIB saat sejumlah warga mengaku mendengar suara dentuman.

Dentuman keras terjadi di wilayah Jakarta Selatan pada Minggu (20/9/2020) malam. (Twitter)

BMKG menduga bahwa dentuman yang terdengar sebanyak dua kali yang menyebabkan terjadinya getaran itu efek dari aktivitas petir tersebut.

" Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," ujar dia.