Hore! Kabar Baik Untuk Pengajar dan Pelajar, Menkominfo Umumkan Bantuan Pulsa yang Sudah Dijanjikan Akan Segera Cair, Kapan?

By Stylo Indonesia, Jumat, 14 Agustus 2020 | 12:25 WIB
Hore! Kabar Baik Untuk Pengajar dan Pelajar, Menkominfo Umumkan Bantuan Pulsa yang Sudah Dijanjikan Akan Segera Cair, Kapan? (Kolase kompas.com & infokomputer.id)

Stylo.ID - Belum lama ini pelajar dan guru mendapatkan kabar gembira soal bantuan untuk beli pulsa.

Sontak saja bantuan pulsa ini sangatlah ditunggu-tunggu bagi para pengajar dan murid untuk belajar di rumah selama pandemi.

Kabar baiknya lagi, bantuan yang dijanjikan tersebut pun akan segera cair dalam waktu dekat.

Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, subsidi pulsa bagi para tenaga pengajar dan murid akan mulai digulirkan pada September 2020.

Oleh karena itu, ia berharap penyesuaian daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) bisa segera selesai agar subsidi bisa disalurkan.

Baca Juga: Hore! Kabar Gembira Untuk Pelajar di Tengah Pandemi, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim Sebut 100 Persen Penggunaan Dana Bos Untuk Kuota Internet

"Betul (subsidi pulsa untuk dukung pembelajaran jarak jauh) long distance electronic learning, diharapkan penyesuaian DIPA bisa segera selesai dan mulai digulirkan September," ujar Johnny kepada Kompas.com, Kamis (13/08).

Johnny mengatakan, pemberian subsidi pulsa tersebut rencananya akan diberikan selama empat bulan atau hingga Desember 2020.

Saat ini, pemerintah tengah menghitung besaran subsidi yang akan diberikan kepada siswa, mahasiswa, para guru dan dosen.

"Paket data saja sekitar Rp 7,8 triliun plus beberapa insentif lainnya yang sedang dibicarakan. Satuan kerja berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," kata Johnny.

Ia mengatakan, pihaknya memberikan dukungan kepada Kemendikbud untuk merealisasikan insentif data untuk lingkungan pendidikan yang dibiayai oleh anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tersebut.

Dalam hal ini, tugas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator seluler menyelesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.