LAGI VIRAL, Rekrutmen CPNS 2020 Ditiadakan, Simak Penjelasan BKN

By Stylo Indonesia, Rabu, 8 Juli 2020 | 15:15 WIB
(Ilustrasi) LAGI VIRAL, Rekrutmen CPNS 2020 Ditiadakan, Simak Penjelasan BKN (Tribunnews)

Stylo.ID - Salah satu beria yang tengah viral saat ini adalah penerimaan CPNS 2020 yang ditiadakan.

Sontak saja hal ini langsung menimbulkan berbagai reaksi dari masyarakat terutama orang yang ingin melamar CPNS 2020 ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo menegaskan tidak ada seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2020.

Hal yang sama juga berlaku untuk sekolah kedinasan. Namun penundaan seleksi tidak berlaku untuk sekolah khusus Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca Juga: Akan Tetap Terima Pendapatan, Berikut Rincian Terbaru Gaji Pensiunan PNS Golongan I hingga IV

"Sebabnya, karena ada pandemi Covid-19. Maka, alokasi 2020 dialihkan untuk 2021," ujarnya seperti dalam rilis yang diterima wartawan, Selasa (7/7/2020).

Sebelumnya, kegiatan seleksi CPNS masih berlangsung sampai tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020.

Namun, tahap selanjutnya tertunda juga dikarenakan pandemi corona.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengaku tidak jadi soal tidak ada penerimaan CPNS pada 2020.

"Kalau dari sisi BKN sebagai pelaksana seleksi CPNS (SKD dan SKB) dengan stasiun CAT selalu siap, jadi jika tidak ada penerimaan CPNS ya tidak masalah," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/7/2020).

Baca Juga: Hore! Menteri Keuangan Pastikan Gaji ke-13 PNS TNI Polri dan Pensiunan Akan Cair, Catat Estimasi Waktu dan Nominalnya

Diketahui, BKN merupakan badan penyelenggara seleksi CPNS di mana mereka dibantu oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dalam proses rekrutmen.