Strategi yang Harus Diterapkan Pelaku Usaha di Tengah Pandemi Covid-19 Menurut Fashion Desainer, Bisa Ditiru Nih!

By Dinda Tiara Alfianti, Selasa, 14 Juli 2020 | 10:15 WIB
Strategi yang Harus Diterapkan Pelaku Usaha di Tengah Pandemi Covid-19 Menurut Fashion Desainer, Bisa Ditiru Nih! (Identity.com)

Stylo.ID - Tak mudah untuk tetap berkarya di tengah pandemi covid-19.

Terlebih bagi para pengusaha yang bergerak di bidang fashion.

Karena tentu ada perubahan gaya hidup di masa new normal seperti ini nih, Stylovers.

Baca Juga: Pandemi Bukan Penghalang Jalan Berkarya, Simak Tips Tetap Eksis di Masa New Normal dari 3 Fashion Desainer IFC!

Tanpa Fashion Show Megah, Begini Cara Para Desainer Tetap Berkarya di Tengah Pandemi Covid-19 (Dokumentasi pribadi Ali Charisma, Hannie Hananto, Lia Mustafa)

Sehingga perlu trik tersendiri untuk membuat usaha fashion tetap bergerak di tengah pandemi covid-19 ini.

Nah, untuk inspirasi kamu, berikut strategi yang harus dilakukan pengusaha menurut fashion desainer IFC Hannie Hananto, Ali Charisma dan Lia Mustafa lewat wawancara khusus Stylo.ID:

1. Memanfaatkan Internet dan Media Sosial

Koleksi terbaru Ali Charisma (Dokumentasi Ali Charisma)

Pandemi Covid-19 tentu membuat kamu enggak bisa bebas untuk bertemu banyak orang demi memasarkan produk ke customer.

Sehingga internet dan sosial media jadi salah satu cara paling efektif nih, Stylovers.

"Bisa dengan online dan menjalani pendekatan lebih intens dengan costumer," ungkap Ali Charisma saat diwawancarai Stylo.ID lewat Whatsapp beberapa waktu lalu.

Agar lebih menarik, Ali Charisma juga memberi beneffit spesial ke costumer saat memasarkan produknya secara online.

"Jadi ada nilai plusnya kenapa harus tetap berbelanja ke kita di masa new normal ini," katanya.

Baca Juga: Masker Modis Ala Hannie Hananto Untuk Tampil Cantik dan Nyaman Saat Bepergian

2. Menerapkan Sistem Pre-Order (PO)

Masker modis ala Hannie Hananto untuk tampil cantik dan nyaman saat bepergian. (dokumen hannie hananto )

Untuk mengantisipasi kamu juga perlu memikirkan berapa banyak produk yang akan terjual di saat pandemi Covid-19 ini.

Cara efektif menurut Hannie Hananto adalah dengan melakukan sistem Pre-order atau PO nih, Stylovers.

"Tips nya adalah mau nggak mau sering branding agar customer atau publik ingat terus akan kita, jangan stock barang banyak-banyak sebagai tindakan efisiensi," saran Hannie Hananto saat diwawancarai Stylo.ID lewat Whatsapp beberapa waktu lalu.

3. Terus Berinovasi Mengikuti Tren

Homedress rancangan Lia Mustafa (Dok IFC)

Work from Home kini jadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang.

Sehingga busana mewah nan elagan tentu bukan jadi salah satu kebutuhan para masyarakat.

Hal tersebut juga dipelajari oleh fashion desainer Lia Mustafa.

Dirinya lantas melakukan inovasi dengan membuat busana rumahan agar tetap bisa melakukan penjualan di masa pandemi seperti ini.

"Bisa berinovasi dengan cara yang baru, misalnya membuat daster atau baju rumahan," ungkap Lia Mustafa saat diwawancarai Stylo.ID lewat Whatsapp beberapa waktu lalu.

Saat ini, memikirkan keuntungan yang berlimpah nampaknya bukan waktu yang tepat menurut Lia Mustafa.

"Memang keuntungan tidak seberapa tapi seenggaknya bisa memberikan pekerjaan untuk karyawan agar mereka tidak berhenti," jelas Lia Mustafa.

Jadi, tetap semangat berkarya di masa new normal beauty ini ya, Stylovers! (*)