Peringatan! BMKG Sebut akan Terjadi Cuaca Ekstrim di Wilayah Indonesia: Waspada Puting Beliung

By Ristiani Theresa, Senin, 22 Juni 2020 | 12:00 WIB
Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Senin, 22 Juni 2020: Waspada Puting Beliung di Sejumlah Wilayah (recruitingdaily.com)

Stylo.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada cuaca ektrim yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Menurut data terbaru BMKG, yang dirilis per Minggu (21/6/2020) pukul 12.36 WIB, sebanyak 24 wilayah Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Sebanyak 22 wilayah di antaranya berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang atau puting beliung.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim Bikin Kulit Kering? Ini Cara Mengatasinya Menurut Pakar

Sementara, dua wilayah lainnya berpotensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang atau puting beliung.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG menyebutkan sirkulasi siklonik terpantau di Selat Karimata yang membentuk daerah perlambatan dan pertemuan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Jawa hingga Kepulauan Bangka Belitung dan dari Kalimantan Barat hingga Selat Karimata.

Selain itu, sirkulasi siklonik juga terpantau di Perairan Barat Sumatera Barat.

Baca Juga: Tiru Gaya Santai dan Stylish Salshabilla Adriani yang Cocok untuk Hadapi Gerahnya Cuaca Jakarta!

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut daftar wilayah yang diperkirakan berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada Senin (22/6/2020) hari ini dan Selasa (23/6/2020), dikutip dari bmkg.go.id:

Cuaca ekstrim (spineuniverse.com)