Bikin Lega, Vaksin Corona Akan Segera Didistribusikan, WHO Berharap Vaksin Siap Sedia Pada Akhir Tahun 2021

By Stylo Indonesia, Sabtu, 20 Juni 2020 | 16:55 WIB
(Ilustrasi) Bikin Lega, Vaksin Corona Akan Segera Didistribusikan, WHO Berharap Vaksin Siap Sedia Pada Akhir Tahun 2021 (freepik.com)

Stylo.ID - Vaksin corona akan segera didistribusikan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berharap vaksin akan tersedia pada air tahun 2021.

WHO juga menargetkan vaksin corona ini bisa diproduksi pada akhir tahun ini.

Pandemi Covid-19 terus menginfeksi jutaan orang di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berharap vaksin dapat segera tersedia untuk melindungi populasi dunia dari infeksi virus corona.

Melansir Reuters, Jumat (19/6/2020), WHO berharap ratusan juta dosis vaksin dapat diproduksi tahun ini dan 2 miliar dosis dapat segera tersedia di akhir tahun 2021.

Disampaikan Kepala Ilmuwan Soumya Swaminathan, WHO sedang menyusun rencana untuk memutuskan siapa yang harus mendapatkan dosis pertama setelah vaksin disetujui.

WHO mengungkapkan ada tiga kelompok yang diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin virus corona baru, SARS-CoV-2, ini.

Baca Juga: Hore! Pemerintah Akan Segera Mengedarkan Vaksin Virus Corona ke Seluruh Indonesia Dalam Hitungan Bulan, Kapan?

Prioritas utama akan diberikan kepada garda depan Covid-19, yakni para petugas medis yang dinilai paling rentan terpapar virus ini.

Selanjutnya, vaksin juga akan diutamakan pada mereka yang rentan terinfeksi, karena usia dan faktor penyakit penyerta.

Vaksin juga diprioritaskan kepada mereka yang bekerja atau tinggal di lingkungan transmisi tinggi, seperti penjara dan rumah perawatan.

"Saya berharap dan optimis. Tetapi pengembangan vaksin adalah pekerjaan yang rumit, yang datang dengan ketidakpastian," kata Swaminathan.

Swaminathan mengungkapkan para peneliti sedang mengerjakan lebih dari 200 kandidat vaksin di seluruh dunia, termasuk 10 vaksin yang sedang dalam pengujian terhadap manusia.