Hore! Pemerintah Akan Segera Mengedarkan Vaksin Virus Corona ke Seluruh Indonesia Dalam Hitungan Bulan, Kapan?

By Stylo Indonesia, Kamis, 18 Juni 2020 | 16:05 WIB
(Ilustrasi) Hore! Pemerintah Akan Segera Mengedarkan Vaksin Virus Corona ke Seluruh Indonesia Dalam Hitungan Bulan, Kapan? (freepik.com)

Stylo.ID - Hingga saat ini virus corona masih menjadi momok di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Meskipun begitu, para tenaga medis, pemerintah, peneliti, ilmuan dan pihak-pihak lain masih terus berusaha untuk menciptakan obat dan vaksin untuk mengatasi virus corona.

Seakan tak mengkhianati proses, pemerintah pun belum lama ini memberikan kabar seputar perkembangan proses vaksin virus corona di Indonesia.

Saat ini, pemerintah Indonesia ternyata sedang menjalin kerja sama dengan China dalam pengembangan vaksin Covid-19.

Baca Juga: Mulai Bekerja di Masa New Normal? Ini Cara Menghindari Paparan Virus Corona Saat di Lift!

Melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (11/6/2020), pemerintah mengumumkan bahwa vaksin yang tengah dikembangkan Indonesia – China melalui perusahaan Sinovac.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito pun menyebut, jika saat ini pemerintah melalui Lembaga Biomolekuler Eijkman dan Universitas Airlangga juga terus berupaya menggelar serangkaian penelitian untuk menemukan vaksin tersebut.

Penelitian yang dilakukan Lembaga Eijkman dan Universitas Airlangga pun menyesuaikan dengan karakter virus corona yang menyebar di Indonesia.

Lantas, kira-kira sudah sampai mana ya proses pembuatan vaksin virus corona ini?

Peneliti senior Lembaga Eijkman, Prof David Muljono menerangkan jika saat ini vaksin Covid-19 masih dalam proses preclinical.

Baca Juga: Bikin Plong! Selangkah Lebih Maju, Indonesia Berhasil Kantongi Kombinasi Obat Untuk Sembuhkan Pasien Virus Corona

"Progresnya kita sudah sampai di level preclinic. Kalau ini berhasil, langkah berikutnya adalah kita tes di laboratorium kemudian disiapkan diujicobakan hewan," jelas Prof David.