Bak Angin Segar di Tengah Pandemi, Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Diuji Coba dengan Obat Herbal Rempah Oleh Pakar, Hasilnya...

By Stylo Indonesia, Jumat, 12 Juni 2020 | 16:08 WIB
Ilustrasi penelitian (Freepik)

Stylo.ID - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah dan juga para peneliti untuk mencari pengobatan yang terbaik untuk para pasien Covid-19.

Seperti yang dilansir Stylo.ID dari Kompas.com, belum lama ini Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta pada 8 Juni 2020 lalu melakukan uji klinis kandidat immunomodulator yang berasal dari tanaman herbal asli Indonesia untuk pasien Covid-19.

Sebenarnya, apa itu Immunomodulator?

Baca Juga: Pecahkan Rekor Tertinggi, Puluhan Tenaga Medis di NTB Sembuh Serentak Usai Terjangkit Virus Corona, Bak Mukjizat!

Jadi immunomodulator adalah zat/substansi yang dapat mempengaruhi sistem imun, baik yang berefek menekan (disebut immunosupresan), berefek meningkatkan (immunostimulan) respon imun, atau menyebabkan jaringan menjadi tidak responsif terhadap suatu antigen (disebut tolerogen).

Koordinator Kegiatan Uji Klinis Kandidat Immunomodulator dari herbal untuk penanganan Covid-19 dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) Masteria Yunovilsa Putra mengatakan, pengujian dilakukan terhadap dua produk.

Baca Juga: Catat Rekor Penambahan Tertinggi! 1.241 Kasus Baru, Kini Ada 34.316 Kasus Covid-19 di Indonesia

"Dua produk, satu cordyceps militaris dan satu lagi kombinasi herbal," kata Masteria saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/6/2020).