Sakit Hati Banyak Warga Menolak Memakamkan Jenazah yang Meninggal Karena Corona, Najwa Shihab Bungkam dengan Penjelasan Lengkap Dokter Forensik

By None, Selasa, 7 April 2020 | 17:18 WIB
Ilustrasi Petugas pemakaman membawa peti jenazah pasien suspect virus corona atau Covid-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, Kamis (26/3/2020) (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

 

Stylo.ID - Usaha dalam memaksimalkan pencegahan persebaran dan penanganan pasien yang terjangkit covid-19 sedang digencarkan seluruh pihak di dunia, tidak hanya tim medis.

Kasus meningkatnya jumlah pasien positif virus corona yang semakin bertambah inilah yang membuat orang semakin waspada untuk mencegah virus ini mendekati lingkungan sosial mereka.

Hal ini ternyata berpengaruh pada jenazah yang meninggal karena terjangkit virus corona dan hendak dimakamkan yang ternyata banyak terjadi kasus penolakan dari warga.

Baca Juga: Belanja ke Supermarket di Tengah Panademi Virus Corona, Mayangsari Tampil Stylish Sambil Tenteng Tas Mirip Kantung Belanja Berharga Fantastis

Hal itu mengguggah Najwa Shihab dan ia mengaku sakit hati saat mengetahui tindakan sebagian warga terkait stigma covid-19.

Tak sedikit kasus berupa penolakan jenazah positif corona yang ditolak warga untuk dikuburkan hingga pengusiran tenaga medis dari tempat tinggalnya membuat Najwa Shihab miris.

Najwa Shihab lantas mengungkapkan hasil pencariannya terkait penyebaran virus corona melalui jenazah positif covid-19.

Presenter sekaligus jurnalis kondang itu mengutip sebuah pernyataan dari dokter forensik.

Baca Juga: Wabah Covid-19 Bisa Segera Berakhir, Ketahui 5 Kelemahan Virus Corona Untuk Mencegah Penularan

Diungkap Najwa, jenazah positif covid-19 tidak bisa menyebarkan virus corona.

Pernyataan tersebut dipertegasnya melalui sebuah pernyataan dari dr Edi Suyanto SpF SH MH, Kepala Depatemen Kedokteran Forensik dan Medikolegal RSU dr Soetomo Surabaya.

Dr Edi Suyanto pernah menyampaikan sebuah penelitian ilmiah terkait proses penyebaran virus pada jenazah.

Kutipan dr Edi disampaikan oleh Najwa Shihab lewat video di kanal YouTubenya, seperti dilansir Grid.ID, pada Selasa (7/4/2020).

 Baca Juga: Awas Terhirup Langsung, Percikan Cairan Bersin dan Batuk Bisa Terbang Sejauh Ini!