Efektif Cegah Virus Corona, Ini Jenis Bahan Kain Terbaik yang Bisa Digunakan Sebagai Masker Nonmedis

By Cerysa Nur Insani, Minggu, 5 April 2020 | 12:00 WIB
Efektif Cegah Virus Corona, Ini Jenis Bahan Kain Terbaik yang Bisa Digunakan Sebagai Masker Nonmedis (www.reuters.com)

Stylo.ID - Stylovers, sebagai langkah alternatif mencegah penularan virus Corona, kini masker kain mulai banyak digunakan.

Masker alternatif ini biasanya dibuat dari bahan kaus, tisu basah, kain lap dapur, kain seprai, hingga katun tahan air dan digolongkan sebagai masker nonmedis.

Dengan langkah alternatif ini masker jenis masker bedah dan masker N95 dapat diprioritaskan bagi para tenaga medis, pasien, perawat, dan orang-orang yang berisiko tertular virus Corona.

Baca Juga: Bukan di Bulan April, Anak Indigo ini Prediksi Waktu Berakhirnya Virus Corona di Indonesia yang Ternyata ada Solusinya

Banyak otoritas kesehatan di Korea Selatan, Jepang, Slovakia, Thailand, hingga Hong kong menyarankan bagi orang sehat untuk tetap menggunakan masker sebagai langkah antisipasi virus Corona.

Seorang ahli epidemiologi dari University of Oxford Shuo Feng berpendapat bahwa penggunaan masker ketika pergi ke luar rumah dapat mencegah infeksi COVID-19.

Hal ini terutama dapat dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus Corona dari penderita yang tak menunjukkan gejala.