14 Hari Langkah Kulit Glowing Day 11: Pakai Masker Sesuai Jenis Kulit Wajah

By Grace Kencana Pranata, Senin, 30 Maret 2020 | 17:18 WIB
14 Hari Langkah Kulit Glowing Day 11: Pakai Masker Sesuai Jenis Kulit Wajah (dok. Stylo: Grace Kencana/ Rendy Aria)

Stylo.ID - Merawat kulit wajah agar terjaga kelembapannya dan tampak glowing, dapat dilakukan dengan mengaplikasikan masker wajah.

Nah Stylovers, soal menggunakan masker wajah, saat ini kan ada banyak sekali masker wajah yang dijual di pasaran, kira-kira kamu sudah tahu perbedaan beserta fungsinya untuk perawatan wajah?

Dalam diary Stylo 14 hari langkah kulit glowing, kali ini Stylo akan memberikan informasi mengenai cara mengenali masker yang sesuai dengan jenis kulit wajah.

Dilansir Stylo.ID dari artikel Kompas.com, narasumber dari Staf Pengajar Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)/RSUD Prof dr Margono Soekardjo, Ismiralda Oke Putranti, akan menjelaskan mengenai jenis-jenis masker wajah yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: 14 Hari Langkah Kulit Glowing Day 10: Panduan Memilih Pelembap Berdasarkan Tipe Kulit #DiRumahAjaBisaCantik

Anti Bosan Selama #DiRumahAja, Maskeran Pakai Kunyit Bikin Pori-Pori Kencang, Loh! (cosmedical.vn)

14 Hari Langkah Kulit Glowing Day 11: Pakai Masker Sesuai Jenis Kulit Wajah - Masker tradisional

Nah, jenis masker wajah yang satu ini pasti kamu sudah pernah tahu atau mungkin pernah mencobanya.

Jenis masker tradisional biasanya proses pembuatannya lebih singkat dan menggunakan bahan-bahan alami yang diolah langsung.

Masker tradisional juga dibuat dari bahan yang alami seperti bahan makanan, buah dan sayur, serta rempah.

Kandungan dari bahan alami tersebut yang nantinya diserap oleh kulit wajah, Stylovers.

"Kegunaannya tergantung sari bahan yang kita pakai, bisa kita baca di berbagai media informasi ada fungsi dari masing-masing bahan tersebut," ujar dr Okke.

Kemudian, masker tradisional juga memiliki keunggulan utama, yakni terhindar dari bahan kimia tambahan seperti pengawet, pewarna, maupun pewangi yang dapat meningkatkan risiko dermatitis kontak, misalnya alergi atau iritasi.

Meski begitu, masker tradisional juga memiliki kekurangan yang mana dalam proses pembuatannya. Kita tidak bisa menakar dengan pasti seberapa banyak zat aktif yang dapat diberikan oleh masker.

Kemungkinan yang terjadi pemberiannya terlalu banyak atau terlalu sedikit, jika terlalu sedikit, efek yang terjadi tidak akan memberikan manfaat yang signifikan terhadap kulit, atau jika terlalu banyak akan berisiko menimbulkan alergi bagi kulit.

Baca Juga: 14 Hari Langkah Kulit Glowing Day 1: Atur Pola Istirahat #DiRumahAjaBisaCantik