Base, Perusahaan Produk Kecantikan Personalisasi Konsumen, Raih Pendanaan Tahap Awal oleh East Ventures dan Skystar Capital

By Mreizghi Alvio Linchia, Selasa, 10 September 2019 | 16:58 WIB
Base, Perusahaan Produk Kecantikan Personalisasi Konsumen, Raih Pendanaan Tahap Awal oleh East Venture dan Skystar Capital (Dok. Base)

Stylo.ID - Kecantikan merupakan sektor yang begitu populer saat ini, didukung oleh pertumbuhan komunitas kecantikan dan meningkatnya tren wellness yang mendorong masyarakat untuk mempunyai kondisi kulit yang lebih baik.

Industri kecantikan Indonesia sendiri saat ini bisa mencapai angka US$3 miliar (sekitar Rp42 triliun) dengan kategori perawatan kulit tumbuh begitu positif hingga mencapai angka 9% pada tahun 2018, melebihi kategori lain seperti kosmetik.

Namun, mayoritas pemain penting di pasar lokal masih merupakan brand global yang belum bisa memenuhi kebutuhan perawatan kulit wanita Indonesia yang beragam.

Baca Juga: Tingginya Minat Belanja Kosmetik Online, Toko Offline Ritel Bakal Terancam Tutup?

Yaumi Fauziah Sugiharta, mantan Head of Marketing Gojek yang kini merupakan Co-Founder dan CEO Base, menjalankan blog perawatan kulit sejak tahun 2017 dan telah aktif menjalin hubungan dengan komunitas di bidang tersebut lewat akun media sosial miliknya.

Saat itu, ia menerima banyak pertanyaan dari para wanita muda dari seluruh Indonesia tentang bagaimana cara memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk kulit mereka, dan menyadari bahwa ada tantangan yang nyata di bisnis tersebut.

Yaumi pun melakukan survei internal, hasilnya menyatakan 70% wanita Indonesia merasa bingung dengan banyaknya jenis produk perawatan kulit.

Baca Juga: Tempat Belanja Makeup Merek High End di Jakarta, Beauty Junkie Mesti Tahu!

"Mayoritas produk yang ada di pasar tidak secara spesifik dibuat untuk wanita di negara tropis seperti Indonesia, dan hanya bisa memenuhi standar-standar kecantikan tertentu seperti memutihkan kulit. Kami percaya bahwa setiap wanita harus mempunyai kebebasan dalam mendefinisikan arti kecantikan bagi mereka, dan memiliki cara unik sendiri untuk mendapatkan kondisi kulit yang mereka inginkan," kata Yaumi.

Base lahir untuk menghilangkan kesulitan dalam memilih produk, dengan cara menyederhanakan proses penemuan produk dan mendapatkan produk terpersonalisasi dengan menggunakan teknologi.

Ki-Ka: Yaumi Fauziah Sugiharta, Ratih Permata Sari (Co-Founder Base) (Dok. Base)

"Konsumen kami (biasa dikenal dengan nama Base Friends ) bisa mendapat sebuah produk kecantikan dan wellness dengan formula berkualitas tinggi, vegan, dan terpersonalisasi, langsung dari situs Base,” jelasnya.