Deretan Iklan Youtube Terpopuler di Indonesia Pada Semester Pertama 2019

By Anastasia Wunardy, Kamis, 22 Agustus 2019 | 12:00 WIB
Ini dia alasan di balik iklan Youtube yang populer di semester pertama 2019 (Dokumentasi Youtube)

Stylo.ID - Google resmi merilis daftar peringkat iklan Youtube untuk kategori iklan yang dapat dilewati (skippable ads) selama periode Januari - Juli 2019, Rabu (21/8/19).

Pada daftar yang berisi 10 iklan dan konten terpopuler dari berbagai brand ini, sebagian besar kontennya memadukan unsur popularitas dan promosi.

10 brand tersebut adalah Shopee Indonesia, Toyota Indonesia, Hansaplast, Imoo Indonesia, MyBaby, Pantene Indonesia, Gojek Indonesia, Heinz ABC, OPPO Indonesia, dan Smartfren.

Iklan Terpopuler Youtube pada Semester Pertama 2019 (Youtube.com)

Baca Juga: Belajar Jadi YouTuber, Gisella Anastasia dan Gempita Tampil Anggun Pangling dengan Kebaya Bali

Tema dan tren penting yang terkandung dalam iklan Youtube tersebut antara lain adalah bekerja sama dengan kreator untuk menyampaikan cerita menarik, tarik perhatian keluarga, dan buat cerita yang lucu.

“Kami selalu terinspirasi dengan ide-ide kreatif yang ditampilkan dalam daftar 10 iklan ini yang kami rilis setiap enam bulan sekali,” ujar Muriel Makarim selaku Head of Large Customer Marketing Google Indonesia.

“Kami juga sangat antusias melihat momentum yang muncul dari kalangan pengguna dan dari pertumbuhan jumlah kreator. Pada tahun 2019, jumlah kreator yang memiliki lebih dari satu juta subscriber naik menjadi 340 channel.” ungkap Muriel Makarim melanjutkan.

Baca Juga: Tips Lebaran 2019: Tips Wajah Tetap Segar Lembap Saat Puasa ala Youtuber Korea

Brand Hansaplast termasuk ke dalam deretan 10 Iklan YouTube Terpopuler selama semester pertama 2019 karena terdapat unsur humoris dan figur pemeran utama yang kuat.

“Hansaplast membuat video Hansaplast Koyo Ayu GaLoyo dengan tujuan mengingatkan masyarakat untuk tidak lupa sedia Hansaplast Koyo saat mudik dan berbagi informasi seputar manfaat dari Hansaplast Koyo. Konten sengaja kami kemas dengan penyampaian yang jenaka dan menghibur agar mudah diingat oleh masyarakat umum,” jelas Tessa Indira Putri selaku Brand Executive Hansaplast.

Nggak hanya itu, dirilis pula paltform baru yang berguna untuk membantu para insan kreatif di Indonesia untuk membuat iklan yang ditayangkan lebih bagus dan menarik lagi.

Baca Juga: Youtuber Tasya Farasya Kenakan Busana Hijab dan Aksesoris Puluhan Juta

Create with Google merupakan sebuah platform gratis untuk membantu insan kreatif Indonesia dalam mencari inspirasi sekaligus menyediakan alat dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk mengembangkan penontonnya di YouTube.

Gagasan yang unik dan ide-ide yang berani sedang banyak diminati, dan eksekusi yang dilakukan secara kreatif terbukti konsisten menjadi faktor terbesar yang mendorong penjualan.

Pada platform ini, pengguna bisa memfilter menurut format, vertikal, dan platform, atau melakukan penelusuran kata kunci untuk mencari ide-ide kreatif.

Terdapat pula dua fitur baru untuk membantu menyederhanakan proses kreatif yaitu Audience Connect YouTube Mockup Tool.

Baca Juga: Nggak Kalah Mewah dari Rekan Selebriti Lainnya, Olla Ramlan Curi Perhatian Saat Pakai Hermes Ukuran Kecil Seharga 230 Jutaan

Secara sederhana, Audience Connect merupakan fitur yang dapat mentransformasi presentasi iklan dari format berbicara dengan orang banyak (broadcast) menjadi percakapan personal (conversational), dengan cara melacak engagement klien ketika merespons suatu video.

Sementara, YouTube Mockup Tool dapat digunakan untuk mengupload dan menampilkan iklan buatan Anda kepada klien dan kolega dalam bentuk mockup seperti ditampilkan di YouTube, sehingga dapat mengetahio bagaimana tampilan iklan saat muncul di desktop, tablet, atau smartphone. (*)