Lebih Berani Mengekspresikan Diri, Begini Cara Mencintai Diri Sendiri ala Maudy Ayunda

By Mreizghi Alvio Linchia, Senin, 29 Juli 2019 | 19:00 WIB
Lebih Berani Mengekspresikan Diri, Begini Cara Mencintai Diri Sendiri ala Maudy Ayunda (GettyImages/iStockPhoto)

Stylo. ID – Setiap wanita berhak memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri sebagai wanita dengan caranya masing-masing.

Salah satu cara yang umum dilakukan adalah ekspresi diri di sosial media. Namun sayangnya, ada saja komentar negatif dan menjatuhkan terhadap penampilan tersebut.

Bahkan ironisnya, pengkritik tersebut juga adalah wanita yang merisak sesamanya. Situasi ini bisa mengakibatkan efek yang fatal pada korbannya karena dilakukan oleh anonim di sosial media.

Baca Juga: Maudy Ayunda Berbagi Tips Agar Tampil Lebih Modis dengan Baju Lebaran

Kondisi ini kemudian disebut cyber beauty bullying. Cyber beauty bullying terjadi ketika seseorang dirisak karena penampilannya melalui komentar negatif dan abusif di sosial media.

"Masalahnya pada kasus cyber beauty bullying ini adalah orang dapat menulis sesuatu dan tidak harus berurusan dengan konsekuensinya. Komentar yang saya baca sangat memilukan untuk melihat bahwa kata-kata bisa sebegitu menyakitkan," ujar aktris dan model Hollywood, Cara Delevingne.

Seperempat wanita berusia antara 16 hingga 25 tahun telah mengalami cyber beauty bullying, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh perusahaan kecantikan global bernama Coty.

Baca Juga: Sederet Gaya Modis Maudy Ayunda yang Sempat Dilema Antara Harvard dan Stanford

Survei ini dilakukan oleh 11.000 wanita yang mewakili 10 negara. Hasilnya pun ternyata sangat mengejutkan.

Dari mereka yang diintimidasi secara online, 65% melaporkan bahwa hal itu berdampak buruk pada kepercayaan diri mereka, sementara 51% diantaranya telah mengedit foto diri sendiri demi tampilan yang sempurna di sosial media.

Dimulai dari rasa tidak percaya diri, kemungkinan terburuk adalah kehilangan jati diri karena komentar negatif dan ujaran kebencian yang datang dari sesama wanita tersebut.

Baca Juga: Contek Gaya Monokrom ala Maudy Ayunda dengan Rekomendasi Outfit Terjangkau