Mampu Lindungi Kulit dari Matahari, Ternyata Ini Efek Samping Pakai Sunscreen Setiap Hari

By Dinda Tiara Alfianti, Selasa, 11 Juni 2019 | 14:51 WIB
Mampu lindungi kulit dari matahari, ternyata ini efek samping pakai sunscreen setiap hari (Freepik.com)

Stylo.ID - Di balik manfaatnya yang dapat lindungi kulit dari sinar matahari, ternyata ada efek samping pakai sunscreen setiap hari.

Yap, sunscreen seakan menjadi salah satu skincare andalan para wanita untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Bahkan, beberapa pakar kecantikan kulit hingga beauty vlogger menyarankan untuk rutin mengaplikasikan sunscreen setiap hari.

Baca Juga: Mengintip Harga Sunscreen Andalan Luna Maya Agar Tetap Cantik Saat Liburan di Pantai Bali

Hal ini karena sunscreen diklaim menjadi salah satu langkah pencegahan penuaan dini dan berbagai masalah kulit lainnya yang disebabkan polusi, sinar matahari dan radikal bebas.

Sunscreen dan pelembap disarankan diaplikasikan setiap dua jam sekali dan 20 menit sebelum kamu melakukan aktivitas di luar ruangan.

Namun, apakah menggunakan tabir surya memiliki efek samping pada kulit?

Baca Juga: Praktis Banget! 3 Rekomendasi Sunscreen Stick Korea yang Nggak Lengket dan Anti Ribet

Ini jawaban Dr. IK Ramchandani, Direktur Dermatologi di Rumah Sakit Jaslok soal adanya kemungkinan efek samping dari pemakaian tabir surya, seperti yang dikutip Stylo.ID dari The Healthsite.

“Tabir surya pada umumnya tidak memiliki efek samping yang merugikan, perlu untuk mengoleskan tabir surya sebelum pergi dibawah sinar matahari,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bila fungsi utama dari sunscreen atau tabir surya adalah melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UVA dan UVB, namu jika seseorang cenderung timbul banyak jerawat ketika menggunakan tabir surya, sebaiknya untuk memilih kandungan tabir surya.

Penjelasan efek samping mengenai pemakaian sunscreen (Freepik.com)