Hulu Laran, Koleksi Baju Etnik Inspirasi NTT Terbaru dari Happa

By Mreizghi Alvio Linchia, Jumat, 8 Februari 2019 | 18:29 WIB
Hulu Laran, Koleksi Baju Etnik Inspirasi NTT Terbaru dari Happa Official (Stylo.ID/Mreizghi Alvio Linchia)

Stylo.ID - Happa Official by Mel Ahyar baru saja meluncurkan koleksi baju etnik terbaru yang ke 14 pada Kamis (7/2/2019) di Irwan Tirta Home, Jakarta Selatan.

Koleksi baju etnik terbaru dari Happa Official kali ini bertajuk Hulu Laran, yang berawal dari budaya masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Koleksi Hulu Laran dari Happa Official ini merupakan kerjasama antar kedua pekerja seni, yakni Mel Ahyar sebagai desainer dan penyanyi Andien Aisyah.

Baca Juga : Mel Ahyar Pamerkan Busana Bertajuk Penti di Exhibition White Cube dalam IPMI Trend Show 2019

Andien Aisyah dan Mel Ahyar luncurkan koleksi baju etnik inspirasi NTT lewat label Happa Official (Stylo.ID/Mreizghi Alvio Linchia)

Hulu Laran bercerita tentang adat istiadat NTT yang menjadi 'penunjuk jalan' dalam kesehariannya. Kedua cerita adat istiadat NTT ini memegang peranan penting dalam kehidupan sosial disana.

Ada dua cerita budaya yang jadi inspirasi koleksi baju etnik dari Happa Official ini, yang pertama adalah kisah Sang Penyair dari bagian timur dan Tari Caci dari bagian barat yang mengajarkan tata cara hidup bersama.

Hulu Laran pertama yakni cerita leluhur "Wato Wele - Lia Nurat" yang menjadi salah satu contoh tradisi lisan para "Penyair Sastra" dari suku Lamaholot.

Baca Juga : Happa by Mel Ahyar Luncurkan Koleksi Unik Inspirasi Suku Tharu

Para penyair cerita sakral nenek moyang ini adalah orang pilihan yang dipercaya mendapatkan anugrah bersyairnya dari Bintang Jatuh.

Ketika Sang Penyair bertutur, ia didatangin dan didampingi oleh Sili Gokok, seekor burung elang yang diyakini turut membantu kemampuannya bersastra.

Happa Official pun menuangkan kisah Hulu Laran oleh Sang Penyair dalam bentuk visual bordir dan print pada kain.