Stylo Indonesia - Sepanjang tahun 2022 ini, Kemenparekraf tengah gencar mengadakan program pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.
Termasuk sasaran program Kemenparekraf pada tahun ini yaitu UMKM Fesyen dan Kecantikan di luar Pulau Jawa.
Hal ini diungkapkan oleh Ibu Yuke Sri Rahayu selaku Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen, Kemenparekraf ketika diwawancarai oleh tim Stylo Indonesia.
Beliau mengungkapkan produk UMKM Fesyen dan Kecantikan unggulan yang sedang ingin didorong oleh Kemenparekraf berupa penggunaan bahan pewarna alami pada subsektor fesyen.
Hal ini didasarkan pada cita-cita keberlanjutan (sustainability) yang dapat terwujud dari penciptaan produk kreatif yang ramah lingkungan.
Tidak hanya itu, dengan menggunakan pewarna alami, kesehatan para penenun dapat lebih terjamin dan terlindungi secara optimal.
"Sejauh ini pelatihan yang tengah diberikan adalah pelatihan pewarna alami bagi para penenun Ulos di Toba," jelas Ibu Yuke.
"Secara keseluruhan Kemenparekraf turut memberikan ruang melalui kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang mana adalah momen bagi para pelaku ekonomi kreatif khususnya fesyen dan kecantikan, untuk mereka bisa masuk dalam beberapa kegiatan berkaitan dengan #BanggaBuatanIndonesia," tambahnya.
Kemenparekraf juga tengah menyusun buku panduan pendampingan kreasi modest fashion dalam rangka mendukung program pemerintah yang menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia.
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
SPOTLIGHT Indonesia 2024, Il Teatro Della Moda Indonesia Pamerkan Karya Busana Perpaduan Seni Kerajinan Italia dan Budaya Indonesia
KOMENTAR