Stylo Indonesia - Tanggal kembar 11.11 sebentar lagi akan tiba nih, Stylovers!Tentunya tanggal kembar tersebut dinanti banyak orang karena banyak promo menarik.Termasuk juga di Lazada yang tahun ini kembali menghadirkan promo Lazada 11.11.Menyambut tanggal kembar di bulan November ini, Lazada menghadirkan fitur terbarunya.Fitur tersebut adalah GenAI Al Lazzie yang dapat membuat pengguna merasa lebih nyaman saat berbelanja.Fitur-fitur GenAI terbaru Lazada dirancang dalam AI Lazzie yang bertugas menjadikan belanja online lebih personal, interaktif, dan efisien dalam membantu pelanggan 24/7. Hadir dengan kemampuan yang lebih canggih berkat dukungan teknologi Alibaba, AI Lazzie dapat membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, memberikanrekomendasi produk yang dipersonalisasi, dan menjawab pertanyaan seputar belanja di Lazada.“Melalui kolaborasi riset dengan Kantar, Lazada berkomitmen untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan akan pengalaman belanja terbaik. Fitur GenAI terbaru kami dalam AI Lazzie, didukung teknologi penerjemah AI Alibaba, Marco MT, memungkinkan interaksi yang lebih natural, layaknya berbelanja dengan asisten pribadi yang akan membantu konsumen berbelanja, termasuk dalam menyambut berbagai promo belanja online akhir tahun di Lazada," ujar Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo.
Baca Juga: Banjir Promo dan Hadiah di Lazada 9.9 Mega Brands Sale, Ada Grand Prize Mobil Listrik
Hasil riset Kantar menunjukkan 54% responden Indonesia memanfaatkan AI untuk mendapatkan rekomendasi belanja yang lebih personal. Fitur AI Lazada, AI Lazzie dan fitur rekomendasi cerdas membantu pelanggan menemukan produk yang relevan dengan preferensi dan riwayat belanja.Laporan juga menunjukkan bahwa 64% responden Indonesia menggunakan chatbot, lebih tinggi dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Lazzie Chatbot disukai oleh pembeli online di Indonesia karena tersedia setiap saat dan menawarkan layanan yang lebih cepat.Dependability: Membangun Kepercayaan dan Loyalitas melalui Pengalaman yang DipersonalisasiHasil riset turut menunjukkan tingkat adopsi AI yang mencapai 77% di Indonesia merepresentasikan tingginya kepercayaan dan penerimaan konsumen terhadap teknologi ini. Sebanyak 53% pelanggan menilai penggunaan AI di dalam eCommerce mempermudah proses belanja, dengan fitur yang paling digemari adalah AI chatbot, pencarian produk dengan gambar, rekomendasi produk, dan analisis ulasan produk.Melihat dampak yang diberikan GenAI pada proses belanja, konsumen menggunakan AI di eCommerce lebih banyak dari industri lain, bahkan 85% pelanggan Indonesia rela membayar lebih untuk menggunakan AI di dalam platform eCommerce.AI Expert Co-Founder Feedloop.ai, Ajie Santika menjelaskan bahwa hal ini didorong oleh GenAI yang dapat menyederhanakan berbagai proses aplikasi ke dalam beberapa klik.“Selama ini kita sudah familiar dengan AI yang dapat melakukan sesuatu. Kini, perkembangan teknologi melahirkan GenAI untuk tidak hanya melakukan, tetapi juga membuat. GenAI dapat menganalisis kumpulan data yang sangat besar dan mempelajaripolanya, lalu menghasilkan output yang baru. Teknologi ini tentunya akan sangat membantu produktivitas karena dapat menyederhanakan proses. Sebagai level yang lebih tinggi dariAI, GenAI memungkinkan proses yang lebih sederhana bagi pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari hanya dengan beberapa kali “klik”, seperti pada fitur-fitur yangditawarkan Lazada.”Deals: AI Membantu Pelanggan Menemukan Penawaran TerbaikPenawaran harga merupakan pendorong utama keputusan pembelian produk. Associate Director Kantar Indonesia, Ummu Hani, memaparkan, “Salah satu titik kesulitan pelanggan dalam berbelanja online adalah Fear of Missing Out (FOMO) atau takut melewatkan promo belanja (49%). Sejalan dengan data yang menunjukkan bahwa, setelah kualitas (57%), penawaran harga yang kompetitif merupakan pertimbangan utama keputusan pembelian produk oleh pelanggan (54%).”Menanggapi temuan tersebut, Lazada kembali menghadirkan berbagai promo terbaik dan diskon terbesar pada 11.11 kali ini. Dengan kampanye bertajuk “11.11 Diskon Terbesar di Lazada”, terdapat voucher bonus hingga 1,1 juta, jaminan harga terendah dengan diskon sampai dengan 90%, dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Promo tersebut akan dimulai dari tanggal 10 November pukul 20.00 hingga 15 November 2024.Tidak hanya itu, Lazada juga memberikan hadiah spesial 11.11 untuk konsumen lewat program undian dengan hadiah utama 2 unit motor Yamaha NMax dan 1 unit mobil HyundaiStargazer. Pelanggan juga berkesempatan mendapat iPhone 15 Pro Max dan TV 40 inci di live streaming dari kanal LazLive dalam aplikasi Lazada, yang berlangsung setiap hari selama promo Lazada 11.11 berlangsung.Semua promo dan penawaran ini dapat diakses melalui berbagai fitur AI di Lazada yang memungkinkan adanya penawaran yang dikurasi, voucher eksklusif, dan integrasi 'koin’ sebagai potongan harga tambahan yang memastikan bahwa pembeli dapat mengakses harga bersaing untuk setiap transaksi.“Sebagai platform yang berorientasi pada konsumen, pembaruan AI kami turut memfasilitasi pelanggan untuk mendapatkan berbagai penawaran dan mengakses harga bersaing untukproduk yang diincar serta memastikan pelanggan tidak melewatkan penawaran yang kami sajikan, termasuk pada 11.11 Diskon Terbesar di Lazada,” tambah Amelia.Decision Making: Pilihan Belanja yang Lebih CerdasTemuan Lazada mengungkapkan bahwa 62% pelanggan Indonesia melihat ulasan produk dan penjual sebagai pertimbangan utama saat berbelanja online, yang tertinggi di antaranegara lain di Asia Tenggara. Melanjutkan temuan ini, AI Lazzie sebagai pembaruan GenAILazada dirancang untuk membuat konten unik dengan memanfaatkan ulasan produk, yaitu menonjolkan poin penjualan utama produk, serta memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Selain itu, untuk mempercepat proses pengambilan keputusan, AI Lazzie dapat menjawab pertanyaan pembeli setiap saat yang nantinya dapat menghasilkan peningkatan konversi pesanan dan kepuasan, serta membangun loyalitas pelanggan.“AI Lazzie, asisten belanja pribadi yang aktif 24/7 dapat meningkatkan penjualan dan konversi yang nantinya mendorong pertumbuhan bisnis para seller di Lazada. Keyakinankami atas inovasi ini berasal dari komitmen untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang dengan selalu beradaptasi dan meningkatkan resiliensi. Kami tetap berfokus menciptakannilai tambah bagi penjual dan pelanggan,” tutup Amelia.(*)