Penampilan Memukau Nova Liana di Ajang Miss Grand International 2024, Kostum Masakan Padang Jadi Sorotan!

By Dinda Tiara Alfianti, Rabu, 23 Oktober 2024 | 06:50 WIB
Penampilan Memukau Nova Liana di Ajang Miss Grand International 2024 (Instagram Yayasan Dunia Mega Bintang)

Stylo Indonesia - Prestasi membanggakan kembali datang dari perempuan Indonesia.Nova Liana yang menyabet gelar Miss Grand Indonesia 2024 menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss Grand International 2024.Ajang tersebut digelardi Kamboja dan Thailand pada 3 hingga 25 Oktober 2024.Gadis asal Sumatera Selatan tersebut selalutampil memukau di setiap sesi penialan ajang kecantikan internasional ini.Termasuk juga saat Preliminary Night dan National Costume Competition yang berlangsung pada 20-22 Oktober 2024 di MGI Hall, Bangkok, Thailand.Coba intip penampilannya yuk, Stylovers!Preliminary Night

Penampilan Memukau Nova Liana di Ajang Miss Grand International 2024 (Instagram Yayasan Mega Bintang)
Pada malam Preliminary Night yang berlangsung pada 22 Oktober, tampak Nova Liana mengenakan evening gown bertema "Unconditional Love".Gaun tersebut merupakan hasil karya Brian Vo yang memancarkan keanggunan dan simbol emosional.Tampak desain menonjol dengan struktur bentuk hati di bagian belakang yang menyerupai sayap.Eleman ini menyampakaikan konsep cinta dalam bentuk fisik yang mewakili kehangatan, perlindungan dan keanggunan dengan pelukannya yang seperti sayap.

Baca Juga: Jadi Kontestan Tertua Miss Universe Korea 2024,Intip Penampilan Choi Soon-hwa yang Memikat

 

The Royal Flavors of Payakumbuah

Penampilan Memukau Nova Liana di Ajang Miss Grand International 2024 (Instagram Yayasan Dunia Mega Bintang)
Selanjutnya pada malam kompetisi National Costume, 20 Oktober, Nova tampak paling mencuri perhatian di atas panggung.Gadis berusia 23 tahun tersebut mengenakan kostum nasional bertema "The Royal Flavors of Payakumbuah".Busana yang satu ini didesain oleh Annisa Banyuwangi yang terinspirasi dari tradisi makanan Padang dengan beragam hidangan lezatnya.Inspirasi tersebut hadir dengan tampilan masakan Minangkabau yang dibawa di atas nampan besar.Ivan Gunawan selaku Founder Yayasan Dunia Mega Bintang yang memegang lisensi Miss Grand Indonesia mengatakan bahwa kostum ini merupakan gambaran terhadap kebanggaan budaya Indonesia.“National Costume itu bisa menjadi sarana promosi wisata Indonesia di mata dunia. Makanan padang itukan grande dan sangat Indonesia. Maka saya berharap dari National Costume yang otentik, unik dan fresh ini Nova bisa cerita ke kontestan lainnya bahwa ini adalah masakan Padang, salah satu makanan khas Indonesia yang rasanya luar biasa. Silahkan datang ke Indonesia untuk mencicipinya”, ujar Ivan.Ide Ivan Gunawan untuk mengangkat masakan Padang ke dunia internasional ini juga didukung penuh oleh Arief Muhammad, pemilik Restoran Padang bernama Payakumbuah. Bagi Arief,  National Costume bertema “Royal Flavors Of Payakumbuah” ini merupakan salah satu cara memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya dari tanah kelahirannya, Minangkabau. “Melalui kompetisi ini saya ingin masakan Padang diketahui dan dicintai oleh banyak orang, bukan hanya oleh orang Indonesia saja tapi juga dari seluruh dunia," ujar Arief.Proses pembuatan National Costume ini memerlukan waktu tiga minggu. Sang desainer, Annisa Banyuwangi menceritakan tantangan dalam membuat National Costumenya.“Kesulitan ada pada faktor buka tutupnya yang agak susah, karena didalamnya terdapat banyak piring dengan aneka lauk khas masakan padang.  Pembuatan kostum dua minggu dan satu minggu untuk trial and error buka tutup. Jadi total proses pembuatan tiga minggu. Untuk berat kostumnya sekitar 5 Kilogram," tuturnya.Wah, bangga banget ya, Stylovers! (*)