Alasan Kenapa Jerawat Muncul di Kulit Menurut Dokter, Wajib Tahu!

By Dinda Tiara Alfianti, Kamis, 2 Mei 2024 | 12:49 WIB
Alasan kenapa jerawat muncul (Adobe Stock)

Stylo Indonesia - Jerawat jadi salah satu permasalahan kulit yang terjadi pada sebagian besar perempuan.Berbagai faktor bisa saja jadi penyebab munculnya jerawat pada kulit.Hal tersebut juga dijelaskan oleh dr. Meita Rahmawati, skin expert yang ditemui Stylo Indonesia di acara Verile Loves Your Skin - Intimate Luncheon Gathering, Selasa (30/04), di Wyl’s Kitchen, Veranda Hotel Pakubuwono, Kebayoran Baru."Biasanya jerawat muncul karena jerawat itu dari hormonal, terutama saat remaja. Saat remaja inilah produksi minyak di wajah lebih banyak dan membuat kulit lebih mudah berjerawat," ungkapnya.

dr. Meita Rahmawati, skin expert yang ditemui Stylo Indonesia di acara Verile Loves Your Skin - Intimate Luncheon Gathering, Selasa (30/04), di Wyl’s Kitchen, Veranda Hotel Pakubuwono, Kebayoran Baru. (Dinda Stylo)
Beberapa alasan lainnya pun bisa jadi penyebab munculnya jerawat di kulit.Berikut asalan jerawat muncul di kulit rangkuman Stylo Indonesia:1. Produksi Sebum BerlebihanKulit yang menghasilkan terlalu banyak minyak (sebum) cenderung lebih rentan terhadap jerawat. Produksi sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.2. Pori-pori yang TersumbatPori-pori yang tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum dapat menyebabkan terbentuknya jerawat.

Baca Juga: 5 Rangkaian Produk untuk Mengatasi Kulit Berjerawat, Wajib Tahu Biar Enggak Makin Meradang!

 

Bakteri yang hidup di kulit, seperti Propionibacterium acnes, juga dapat berkembang di dalam pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan peradangan.3. Perubahan HormonalPerubahan hormon, seperti yang terjadi selama masa remaja, menstruasi, kehamilan, atau penggunaan pil KB, dapat memicu produksi sebum yang berlebihan, yang pada gilirannya meningkatkan risiko jerawat.4. Faktor GenetikKecenderungan untuk memiliki jerawat dapat diwarisi dari orang tua. Jika orang tua kamu memiliki sejarah jerawat parah, Anda mungkin juga memiliki risiko yang lebih tinggi.5. StresStres dapat memicu pelepasan hormon yang memperparah kondisi kulit, termasuk jerawat.6. Polusi dan Paparan LingkunganPaparan polusi udara dan lingkungan lainnya juga dapat menyebabkan jerawat dengan menyumbat pori-pori kulit.7. Penggunaan Produk Kulit yang Tidak TepatPenggunaan produk kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit kamu atau yang mengandung bahan-bahan iritan juga dapat menyebabkan jerawat.8. Kebiasaan BurukMerokok, makan makanan yang tinggi gula atau lemak, serta kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan kulit dan memicu jerawat.Selanjutnya, dokter Meita juga menyarankan untuk langsung mengobati jerawat yang muncul di kulit sebelum kondisinya parah.Tak hanya itu, penting pula bagi kamu untuk merawat kulit sejak masih muda karena hal tersebut merupakan investasi di masa tua."Kulit masa mudamu adalah kulit masa tuamu, sehingga saat muda berjerawat nanti bisa ada bekas jerawat yang tertinggal sampai tua. Jadi, jangan sampai mengabaikan jerawat dan membuatnya berbekas," katanya. (*)